Perdana, Astronot NASA Makan Cabai Hasil Panen dari Luar Angkasa

Astronot memakan cabai yang ditanam di luar angkasa (Foto / NASA) Astronot memakan cabai yang ditanam di luar angkasa (Foto / NASA)

SURABAYA : Astronot di International Space Station (ISS) menanam cabai untuk pertama kalinya. Cabai tersebut digunakan astronot NASA untuk tacos. Benih cabai dibawa ke ISS pada Juni sebagai bagian dari eksperimen untuk melihat apakah makanan bisa tumbuh di luar angkasa. Eksperimen membantu membangun kemungkinan sumber makanan untuk misi panjang, berpotensi ke Mars.

Menurut NASA, cabai pertama dipanen pada Jumat. Astronot NASA Megan McArthur mentweet pada Jumat, kru mencicipi paprika dan dia menggunakannya dalam taco bersama dengan daging sapi fajita serta sayuran. Dia menyebut makanan itu taco luar angkasa terbaik. NASA mengatakan pada Juli, cabai akan tumbuh sekitar 4 bulan sebagai bagian dari penyelidikan Plant Habitat-04, sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Dikatakan proses itu "pertama kalinya astronot NASA akan menanam tanaman cabai di stasiun dari biji hingga matang." NASA mengatakan para kru akan memakan cabai jika terlihat bagus, dan juga menyimpan beberapa untuk dibawa kembali ke Bumi untuk dipelajari.

Baca Juga : Tanam Cabai di Luar Angkasa, Ini Hasilnya

McArthur mengatakan dalam tweetnya para astronot harus mengisi survei setelah mencicipi cabai. NASA mengatakan menanam makanan di luar angkasa memiliki manfaat logistik dibandingkan membawa makanan kemasan dari Bumi, dan merawat tanaman luar angkasa dapat memiliki manfaat psikologis bagi kru.

 


(ADI)

Berita Terkait