Imigrasi Bantu Korban Erupsi Semeru Rp200 Juta

Bantuan logistik dari petugas Imigrasi se Indonesia diserahkan kepada korban erupsi Semeru (Foto / Hum) Bantuan logistik dari petugas Imigrasi se Indonesia diserahkan kepada korban erupsi Semeru (Foto / Hum)

LUMAJANG : Petugas Imigrasi di seluruh Indonesia menggelar bakti sosial yang disalurkan untuk korban erupsi Semeru, Lumajang. Bantuan berupa uang dan logistik senilai Rp200 juta ini diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto kepada Sekretaris Daerah Pemkab Lumajang Agus Triyono, Minggu 23 Januari 2022.

Wisnu mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bakti Sosial dalam rangka Hari Bakti Imigrasi ke-72. Wisnu mengungkapkan bantuan uang tunai berasal dari donasi sukarela petugas imigrasi seluruh Indonesia dan yang bertugas di luar negeri. Donasi dikumpulkan di posko bantuan bencana pada Direktorat Jenderal Imigrasi.

“Insan Imigrasi se-Indonesia mengumpulkan donasi yang kemudian sebagaian diwujudkan logistik dan sisanya uang tunai sesuai kebutuhan BPBD Lumajang,” jelas Wisnu.
 
Wisnu berharap bantuan bisa sedikit meringankan beban para korban erupsi Gunung Semeru. “ Namun, bukan jumlah yang menjadi fokus kami, akan tetapi rasa kasih sayang yang ditunjukkan insan Imigrasi perlu diapresiasi,” terangnya.

Baca Juga : Unusa Jalin Kerjasama dengan Koba Mirai Jepang

Agus yang mewakili Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih. Dia yang mendampingi para korban menyampaikan salam hormat kepada Menkumham Yasonna H Laoly dan Plt Dirjen Imigrasi Widodo Eka Tjahjana. Dia mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungannya untuk masyarakat Lumajang.

"Tentu ini jadi dukungan yang luar biasa bagi kami," ujarnya.

Agus berjanji akan segera menyalurkan bantuan tersebut untuk para korban. Karena saat ini, pihaknya sedang fokus membangun hunian sementara untuk keluarga terdampak. "Ini adalah bentuk kepedulian dari insan imigrasi, sekali lagi kami ucapkan terima kasih," tuturnya.

Sementara itu Ketua Panitia Bakti Sosial Hari Bakti Imigrasi ke-72 Agus Widjaja menambahkan, selain di Lumajang, bantuan uang juga diberikan kepada warga masyarakat. Khususnya yang tergolong keluarga tidak mampu yang tinggal di sekitar Kantor Ditjen Imigrasi, Kuningan - Jakarta Selatan.

"Selain itu, Ditjen Imigrasi juga menggelar bakti sosial berupa donor darah bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta. Total ada 400 kantong darah yang terkumpul dari kegiatan tersebut," tutupnya.


(ADI)

Berita Terkait