Keren, Pebasket Jatim Lolos Seleksi NBA Academy Asia

Sakha Perwira Ramadhan Dewanto bersama Ketua KONI Jatim dan Ketua Perbasai Jatim/ist Sakha Perwira Ramadhan Dewanto bersama Ketua KONI Jatim dan Ketua Perbasai Jatim/ist

SURABAYA: Pebasket Jawa Timur, Sakha Perwira Ramadhan Dewanto terpilih menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada ajang NBA Academy Asia Development Camp di Singapura, 7-12 April 2023 mendatang.

Nama Sakha terpilih usai menyisihkan empat pebasket lain dalam  seleksi yang digelar Pengurus Besar (PB) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Empat pebasket lainnya berasal dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Bangka Belitung dan Bali.

Pebasket asal Surabaya itu mengaku kaget sekaligus bangga.  Sebab, proses seleksi dilakukan virtual dari tayangan pertandingan maupun beberapa permintaan dalam satu video yang dikirimkan peserta seleksi.

"Pemilihan secara virtual, jadi video kita tanding harus diedit jadi satu. Kemudian langsung saya kirim," kata Sakha, Jumat 5 Mei 2023.

BACA: 80 Atlet Jatim Perkuat Indonesia di Sea Games 2023

"Rasanya senang dan lega karena nunggunya lama hampir sebulan seleksinya. Dan itu PB menyeleksi lima orang. Senang sih," ucap pebasket bertinggi 185 Cm itu.

Menyambut itu, mantan pemain yang membawa Jatim juara Kejurnas KU-15 lalu itu mengaku telah mempersiapkan diri menyambut NBA Academy.

"Mulai fisik, skill, nambah berat badan juga, lalu nambah speed dan bermain dengan cara yang pintar," ujarnya.

Ia mengaku, tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan akan menunjukkan yang terbaik agar cita-citanya agar bisa bermain di NBA dapat terwujud.

"Banyak pemain NBA saat ini yang merupakan jebolan NBA Academy, " ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M Nabil menyambut baik kabar tersebut dan senang karena hasil pembinaan yang dilakukan oleh Perbasi Jatim menunjukkan hasil positif.

"Jangan takut dan harus mengeluarkan kemampuan terbaik, insya Allah hasilnya akan baik. Selamat dan semoga ini menjadi pelecut semangat bagi atlet lain," kata Nabil.

Sementara Ketua Perbasi Jatim Grace Evi Ekawati menegaskan kembali terkait komitmen untuk ikut memajukan basket nasional.

"Jatim harus bangkit, Jatim harus bergerak dan kami bertekad untuk menjadikan Jatim sebagai penopang kekuatan basket Indonesia," ungkap Evi.

 


(TOM)

Berita Terkait