Tak Ada Siswa Mendaftar, Ruang Kelas 1 SDN Jalen Ponorogo Jadi Gudang

Kondisi runag kelas di SD Jalen, Ponorogo dijadikan gudang lantaran tak ada siswa yang mendaftar (Foto / Istimewa) Kondisi runag kelas di SD Jalen, Ponorogo dijadikan gudang lantaran tak ada siswa yang mendaftar (Foto / Istimewa)

PONOROGO : Kondisi SD Negeri Jalen, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo semakin memperihatinkan. Di tahun ajaran baru 2023-2024, sekolah pelat merah ini tidak mendapatkan murid, gegara tidak ada satu pun siswa yang mendaftar.

Akibatnya di hari pertama sekolah, Senin 17 Juli 2023, ruang kelas satu terlihat kosong melompong. Hanya ada tumpukan kursi dan meja di ruang kelas tersebut, persis seperti gudang.

Kondisi memperihatinkan ini bukan pertama kali terjadi. Pada tahun lalu, misalnya, hanya ada satu siswa yang mendaftar. Sedangkan pada dua tahun sebelumnya hanya tiga siswa. Kini, total jumlah siswa di sekolah hanya 24 siswa.

Rinciannya, kelas satu tanpa siswa, kelas dua (1 siswa), kelas tiga (3 siswa), kelas empat (5 siswa), kelas lima (5 siswa) dan kelas enam (10 siswa). Sementara jumlah guru terdapat enam orang, termasuk kepala sekolah.

baca juga : Hari Pertama Sekolah, Orang Tua Siswa SD di Jombang Sibuk Dampingi Anak

Kepala Sekolah SDN Jalen, Dedi Adinegara, mengatakan, sekolah sudah membuka pendaftaran dengan memberikan tawaran menarik bagi calon murid baru. Tawaran tersebut di antaranya bebas pendaftaran, bebas spp, mendapat seragam baru. Namun, tetap tak ada yang mendaftar.

"Bahkan, kami juga beri uang tabungan dan uang transportasi per bulan. Namun tetap tidak ada yang mendaftar," tuturnya.

Meski begitu, Dedi memastikan, proses belajar mengajar tetap berjalan. Seluruh siswa tetap masuk normal dan mendapatkan materi pelajaran sesuai kurikulum.


(ADI)

Berita Terkait