Siswa SD dan MI di Tulungagung Ditantang Lomba Bertutur

Salah satu peserta tampil dalam lomba bertutur yang digelar di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Tulungagung, Rabu (19/6/2024) (ANTARA/HO - Prokopim Tulungagung) Salah satu peserta tampil dalam lomba bertutur yang digelar di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Tulungagung, Rabu (19/6/2024) (ANTARA/HO - Prokopim Tulungagung)

Tulungagung: Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengadakan lomba bertutur untuk siswa SD dan MI. Lomba diharapkan dapat meningkatkan minat literasi dan budaya membaca di kalangan anak-anak.

Acara ini berlangsung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dan dihadiri oleh Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak," kata Heru dikutip dari Antara, Kamis, 20 Juni 2024.

Heru berharap lomba bertutur ini membuat anak-anak terbiasa membaca, memahami, dan menceritakan kembali apa yang telah mereka baca di era digital saat ini.

"Jadi, inti kegiatan ini adalah menceritakan kembali apa yang telah dibaca dalam sebuah pemahaman," kata dia.

Menurut data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung, minat baca di daerah ini telah mencapai 67,71 persen. Dan itu merupakan angka yang cukup tinggi.

"Angka tersebut cukup tinggi karena lebih dari 50 persen," katanya.

Heru menambahkan siswa yang meraih juara akan mendapatkan penghargaan dan sertifikat. Penghargaan itu dapat digunakan untuk mendukung pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

"Prestasi lomba bertutur ini bisa digunakan untuk menunjang pendaftaran ke sekolah favorit," ujarnya.

Heru juga berharap di era digital ini anak-anak bisa memahami dan menyaring informasi dengan baik melalui banyak membaca.

"Dengan minat baca yang tinggi, anak-anak tentu dapat memfilter informasi di era digital ini, di mana berbagai sumber informasi banyak disajikan dan perlu disaring kembali," kata dia.


(SUR)

Berita Terkait