Canggih, Mengenal Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh MLFF

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Salah satu penyebab kemacetan di jalan tol adalah adanya antrran di pintu masuk atau pintu keluar tol. Untuk mengatasi masalah tersebut pengelola jalan tol berencana menerapkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Seperti apa sebenarnya MLFF ini?

Dilansir dari laman Kementerian Perhubungan, MLFF merupakan sistem pembayaran tol tanpa sentuh. Melalui sistem MLFF, pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti ketika hendak membayar tol. Pembayaran dapat dilakukan lewat aplikasi di smartphone dan nantinya proses transaksi akan dibaca melalui satelit.

Ini dimungkinkn karena MLFF menerapkan teknologi bernama Global Navigation Satelit System (GNSS). Teknologi ini berbeda dengan radio frequency identification (RFID). GNSS memakai alat yang dipasang di dalam mobil. Saat kendaraan berada di gardu jalan tol, alat itu akan terbaca melalui sistem di satelit.

Berbeda dengan transaksi manual yang membutuhkan 10 detik dan penggunaan E-Toll 4 detik, dengan MLFF waktu transaksi menjadi nol detik. Teknologi anyar ini digadang-gadang dapat mengatasi kemacetan di jalan tol.

Baca juga : 4 Tersangka Pungli PTSL Sidoarjo Segera Disidangkan

Pemerintah sendiri berencana mulai menerapkan teknologi MLFF di gardu tol secara bertahap hingga akhir 2022. Ditargetkan, sistem MLFF bisa beroperasi 100 persen pada akhir 2023 mendatang.


(ADI)

Berita Terkait