Hoaks! Video Amblesnya Jalur Wisata Bromo

Video viral  amblesnya jalan menuju wisata Gunung Bromo dipastikan hoaks. Video viral amblesnya jalan menuju wisata Gunung Bromo dipastikan hoaks.

PROBOLINGGO: Video amblesnya jalur wisata Bromo yang beredar secara luas di media sosial dipastikan informasi yang tidak benar alias hoaks.

"Kami sudah mengecek dan memastikan bahwa kabar amblesnya jalan di jalur wisata Gunung Bromo melalui Kabupaten Probolinggo tersebut hoaks atau disinformasi yang artinya penyampaian informasi yang salah untuk membingungkan orang lain," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian dalam rilis, Jumat 19 November 20219.

Sebuah video yang memperlihatkan jalan ambles beredar dan tersebar secara luas di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan jalan tinggal separuh karena longsor. Dituliskan peristiwa tersebut terjadi di jalur wisata Gunung Bromo.

BACA: 2 Kecamatan di Jember Dilanda Banjir dan Longsor

"Faktanya, peristiwa jalan ambles akibat longsor itu bukan terjadi di jalur wisata Gunung Bromo dan dipastikan kejadiannya terjadi di luar Kabupaten Probolinggo," tuturnya.

Ia menjelaskan jalur wisata Gunung Bromo melalui pintu masuk Kabupaten Probolinggo hingga Jumat pagi masih aman dan tidak ada jalan ambles, sehingga aman dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Memang ada sedikit longsor tapi longsoran kecil dan sudah dibersihkan oleh petugas, sehingga akses jalan menuju wisata Bromo bisa dilalui kembali, sehingga aman dan tidak ada jalan ambles," katanya.

Yulius mengimbau semua pihak untuk lebih bijak dalam bermedia sosial dan tidak menyebarkan informasi hoaks yang membuat masyarakat resah dan panik dengan beredarnya video tersebut.


(TOM)

Berita Terkait