8 Mobil Listrik Ini Sudah Beredar di Indonesia, Mana Tercepat Mengisi Daya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id
SURABAYA : Sedikitnya ada delapan mobil listrik sudah beredar di Indonesia. Sejumlah pabrikan kini berlomba menghadirkan mobil listrik seiring kebijakan pemerintah dalam akselerasi elektrifikasi kendaraan (electric vehicle/EV). Mereka hadir dari berbagai segmen mulai dari sedan, SUV, MPV, hingga hatchback. Berikut daftarnya.

1. Lexus UX 300e

Pabrikan mobil mewah Jepang, Lexus menghadirkan kendaraan listrik Lexus UX 300e. SUV kompak ini memiliki desain elegan dibekali baterai berdaya 54,3 Kwh yang mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam sekali charging. Mobil tersebut dijual seharga Rp1,2 milliar.

2. Nissan Leaf

Mobil satu ini memiliki desain dinamis dengan ciri khas V grille. Nissan Leaf dibekali baterai berdaya 40 kwh dengan kemampuan jarak tempuh 311 km. Terdapat fitur keselamatan menarik dari hatchback EV ini, antara lain elektronik pedal, Inteligent Around View Monitor (IAVM), Forward Emergency Braking (FEB), Forwar Collision Warning (FCW), Hill Start Assist (HSA) dan Inteligent Trace Control (ITC). Terkait harga mobil tersebut dijual Rp649 jutaan.

3. Hyundai Ioniq

Sedan EV rakitan Korea Selatan ini dibekali baterai berkapasitas 38,3 kWh dengan fitur e-motor. Tenaga listrik yang dihasilkan 133,28 dk dan torsi 295 Nm. Metode pengisian cepat (fast chraging) berdaya 100 kW, Hyundai Ioniq mampu mengisi baterai 80 persen dalam waktu 54 menit. Mengenai harga, sedan EV ini dijual mulai dari Rp649 jutaan.

Baca Juga : Mau Beli Mobil Baru? Perhatikan 4 Hal Ini

4. DFSK Gelora E

Pabrikan mobil China, DFSK menghadirkan mini bus komersial EV. Mobil ini ditenagai listrik berdaya 42 kwh dari baterai Lithium Iron Phosphate. Gelora E mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Mobil komersial EV ini dijual Rp480-Rp510 jutaan.

5. Tesla Model X

Unit besutan Elon Musk telah hadir di Indonesia. Mobil yang mampu menampung 7 penumpang ini tidak hanya ramah lingkungan namun telah dilengkapi teknologi self driving alias mengendarai secara otomatis. Tidak hanya itu, saja mobil ini juga kencang. Tesla dapat berakserasi dari 0-100km/jam dalam waktu 2,7 detik. Tesla Model X dijual di Indonesia Rp2,6 milliar.

6. Hyundai Kona

Mobil ini menjadi pioner kendaraan listrik di Indonesia. Hyundai Kona hadir dengan desain modern dan fitur canggih, antara lain Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Paddle shifter (for regenerative braking), Paddle shifter (for regenerative braking), Wireless smartphone charging pad dan sunroof elektrik, Fully digital 10.25″ Gauge Cluster dengan tiga mode berkendara.

SUV kompak ini ditenagai baterai berkapasitas 39,2 kWh menghasilkan jarak tempuh 305 km (berdasarkan metode WLTP). Mengenai harga, Hyundai Kona Elektrik dibanderol mulai dari Rp697 jutaan.

7. Porsche Taycan

Mobil sport mewah Jerman, Porsche ikut meramaikan pasar elektrifikask di Indonesia dengan menghadirkan sportcar EV bernama Taycan. Desain mobil ini sangat cantik dan eksotis. Terlihat lekukan bodinya makin sporty. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,4 detik yang digerakkan melalui kelistrikan 800v.

Tidak hanya kencang di jalan, tetapi sistem pengisian mobil ini paling cepat. Untuk pengisian dari 0-80 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 22 menit. Soal harga, Sport Taycan EV dijual Rp2,8 milliaran.

8. BMW i3

Pabrikan Jerman lainnya, BMW menghadirkan varian mobil listrik mungil berdesain menarik BMW i3. Mobil ini mampu menghemburkan tenaga hingga 184 HP dan torsi mencapai 270 nm. Di Indonesia BMW i3 dapat dimiliki di rentang harga sekitar Rp1,3 milliar.

 


(ADI)

Berita Terkait