Jaringan 4G Lemot?, Lakukan 7 Cara Ini

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Setiap pengguna smartphone tentu pernah mengalami jaringan seluler lemot. Beruntung, ada cara mengatasi jaringan 4G yang lemot, sehingga internetan menjadi makin ngebut. Pengalaman internet lemot saat bermain game atau streaming sangat tidak menyenangkan.

Pada dasarnya gangguan internet ini bisa diakibatkan oleh banyak faktor, tidak hanya dari sisi operator saja. Secara umum, ada tiga faktor utama yang memengaruhi kualitas experience menggunakan layanan data. Menurut blog Telkomsel, faktor itu mencakup operator, third-party, dan dari pengguna.

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot Ketika mengalami gangguan koneksi layanan data dan menghubungi customer service operator, sebaiknya Anda periksa terlebih dulu apakah gangguan ini bisa diselesaikan sendiri atau tidak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan memperbaiki koneksi secara mandiri di rumah:

Baca Juga : Menolak Punah, BlackBerry Luncurkan Ponsel 5G

1. Perhatikan lokasi

Pastikan lokasi Anda sudah aman untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan bertembok tebal atau berada di dalam basement. Jika di sekitar Anda ada bangunan baru yang menghalangi smartphone saat menangkap sinyal, Anda bisa coba untuk berpindah ke lokasi lain.

2. Refresh sinyal

Jika status bar Anda penuh tapi tidak ada pertukaran data, yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan airplane mode selama beberapa detik sebelum kembali menonaktifkannya. Anda juga bisa melakukan restart pada smartphone untuk mengatasi hang atau lag pada sinyal.

3. Tutup aplikasi

Anda juga perlu pastikan tidak ada aplikasi yang lupa ditutup dan masih berjalan di background. Pastikan semua aplikasi yang sudah tidak terpakai sudah ditutup dengan sempurna.

4. Cek aplikasi dan situs web

Jika kendala koneksi internet hanya terjadi saat kamu mengakses salah satu aplikasi atau situs web, coba buka aplikasi atau situs web lain sebagai pembanding.

5. Pastikan kualitas smartphone memadai

Periksa usia smartphone yang Anda gunakan. Rata-rata smartphone masih layak pakai hingga lima tahun dari tahun produksi. Sebaiknya ganti smartphone dengan yang tahun produksinya lebih baru.

6. Periksa kondisi SIM card

Jika usia SIM card sudah lebih dari tiga tahun atau bagian chip-nya sudah memiliki banyak goresan, ada baiknya untuk mengganti kartu tersebut dengan yang baru. SIM card baru akan membuat kualitas penangkap sinyal di smartphone Anda berfungsi optimal seperti semula.

7. Pastikan kuota data

Nah, yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Anda harus cek dulu apakah kuota data di smartphone masih tersedia atau tidak sebelum mengambil langkah lebih jauh lagi.

 


(ADI)

Berita Terkait