Perempuan Blitar Sulap Limbah Jeans Bekas Tambang Menjadi Tas Unik

Ardhiana Malasari menunjukkan salah satu proses pembuatan tas dari limbah Jeans (Foto / Metro TV) Ardhiana Malasari menunjukkan salah satu proses pembuatan tas dari limbah Jeans (Foto / Metro TV)

BLITAR : Manfaatkan limbah jeans dari tambang, Ardhiana Malasari, Warga Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar menyulapnya menjadi tas unik dan mempunyai harga jual tinggi.

Ide kreatif Malasari ini timbul saat dirinya melihat banyaknya jens hanya dibuang, sehingga dirinya mencari ide agar limbah jeans yang sulit diurai tanah ini bisa dimanfaatkan.

“Awalnya banyak Jeans, pada saat itu dari tambang luar Jawa, lalu agar bisa dimanfaatkan kemudian mencari cari ide yang cocok. Ternyata setelah dilihat cocok dibuat tas,” kata Malasari, Selasa 8 November 2022.

Dia menambahkan, tas unik hasil karya dari jeans bekas ini sangat digemari para golongan ibu-ibu dan kaum muda. Sebab banyak motif dan pilihan yang cocok dipakai untuk semua golongan. “Ya setiap hari cari motif yang lebih moderen, banyak orang tidak menyangka kalau tas itu dari jeans bekas,” imbuhnya.

Mala mengungkapkan bila bahan jeans bekas tersebut banyak dibuang atau hanya menjadi sampah di tambang di daerah Kalimantan. Untuk harga tas hasil karyanya, dijelaskan Mala jika bervariatif tergantung tingkat kesulitan. Sedangkan pada umumnya, harga tas tersebut berkisar Rp150 ribu hingga Rp400 ribu.

baca juga : Inovatif, 5 Mahasiswa Unusa Ciptakan Jaket Canggih Khusus Ibu Melahirkan

“Kalau masalah harga sih tergantung kesulitan motif dari permintaan pemesan,” tambahnya.

Hingga kini,produksi tas jens terus meningkat, Sebab banyak pesanan dari berbagai daerah, dalam sebulan Mala bisa menghasilkan omzet Rp5 juta hingga Rp10 juta.


(ADI)

Berita Terkait