10 Makanan Unik Khas Jawa Timur, Harus Coba!

https://pin.it/6cSdiYVk3 https://pin.it/6cSdiYVk3

Hi sobat! Kalau liburan ke Jawa Timur jangan coba yang itu-itu aja! Cobain nih makanan unik dari Provinsi Jawa Timur. Rata - rata makanan di bawah ini turun temurun dari nenek moyang kita loh.  

1. Lontong kupang atau kupang lontong 

Lontong Kupang adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Sidoarjo Jawa Timur

Kepercayaan Masyarakat

Masyarakat mempercayai apabila memakan lontong kupang sambil minum air kelapa muda (Jawa: degan) atau dengan es batu yaitu es degan semua penyakit di dalam tubuh bisa hilang, manusia yang memakan itu pun menjadi sehat. Lontong kupang biasa disajikan dengan sate kerang dan minum air kelapa muda yang disajikan bersama tempurung kelapa atau dengan gelas.

 

2. Getuk

Campur gula pasir atau gula merah dan kelapa ditumbuk sekaligus. Getuk adalah penganan tradisional khas masyarakat Jawa yang populer di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Ngawi dan Jawa Timur. Penganan ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Dalam bahasa Sunda, getuk juga dikenal dengan sebutan gegetuk.

 

3. Petis 

 

Petis adalah komponen dalam masakan Indonesia yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah (biasanya dari pindang ikan, kupang, atau udang) yang dipanaskan hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih pekat. Dalam pengolahan selanjutnya, petis ditambah karamel gula batok. Ini menyebabkan warnanya menjadi cokelat cenderung hitam dan rasanya manis. Petis biasanya digunakan sebagai bahan penyedap makanan.

 

4. Ampyang 

 

Ampyang adalah penganan tradisional khas Jawa yang terbuat dari kacang tanah yang dibaluri adonan gula jawa. Pengananan ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, tersebar ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

Ampyang sangat populer di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penganan ini merupakan camilan atau nyamikan yang sering dikonsumsi sebagai pelengkap minum teh atau kopi. 

 

5. Bonggolan 

 

Bonggolan adalah jajanan berbentuk lonjong yang terbuat dari bahan dasar daging ikan yang dicampur tepung kanji yang ditambah dengan garam dan bawang putih. Jajanan ini berasal dari daerah pesisir Gresik, Jawa Timur. Jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal.

 

6. Gandos (gandhos) 

Gandos adalah penganan dibuat dari tepung beras, kelapa, dan garam, kemudian digoreng.

Gandos merupakan penganan tradisional khas Jawa yang populer di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gandos berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Kue ini ada yang menyebutnya tratak jaran (Bojonegoro), dan daluman (Bali). 

 

7. Gaplek (gaplèk) 

 

Gamplek adalah penganan yang dibuat dari bahan pangan yang diolah dari ubi ketela pohon atau singkong.

Gaplek (Euphorbiaceae) merupakan bahan komoditi pangan yang banyak di jumpai di daerah pedesaan dengan harga yang relatif murah. Di Pulau Jawa daerah penghasilan gaplek terbesar adalah di Daerah Istimewa Yogyakarta terutama di daerah Gunung Kidul dan Bantul. Singkong yang telah dipanen, dikupas, dipotong-potong sepanjang 15-20 cm, dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama 1 hingga 3 hari. Setelah kering, gaplek disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Jika cukup kering relatif tidak terpengaruh oleh hama.

 

8. Grubi 

Grubi adalah penganan goreng, dibuat dari ubi dan sebagainya yang diserut panjang, dicampur dengan gula merah, dibentuk bulat.

Grubi merupakan camilan tradisional khas Jawa yang populer di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penganan ini terdokumentasi dalam Serat Centini yang diterbitkan pada abad ke-18M.

 

9. Mendut (mêndut) 

Mendut adalah penganan, dibuat dari adonan tepung ketan dan santan, dibentuk bola-bola kecil, diisi dengan unti kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus.

Tekstur kue mendut terasa kenyal, mirip dengan klepon karena sama-sama terbuat dari tepung ketan. Namun sedikit berbeda dengan klepon, klepon hanya berisi gula merah dan parutan kelapa di bagian luar, sedangkan kue mendut memiliki isian kelapa dan gula di dalamnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang berbentuk prisma segi empat.

 

10. Suwar Suwir

Suwar-suwir merupakan makanan ringan (camilan) yang berasal dari Jember. Suwar-suwir terbuat dari tape (fermentasi dari singkong) yang diolah hingga menjadi makanan ringan.

 

 

source: Wikipedia (artikel dan foto)


(SUR)

Berita Terkait