44.601 Pemudik Warga Jatim Tiba di Pelabuhan Tanjung Perak

Penumpang Kapal Motor Ciremai turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya/metrotv Penumpang Kapal Motor Ciremai turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya/metrotv

SURABAYA: Sebanyak 44.601 warga Jawa Timur yang mudik telah tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada H-5 Lebaran. Puluhan ribu orang itu diketahui merantau di tiga daerah, yakni Makassar, Sulawesi Selatan,  Kalimantan Timur,, Kalimantan Selatan.

"Hingga H-5 ini, jumlah penumpang kapal yang turun mencapai 44.601 orang dan sebaliknya yang naik kapal mencapai 19.745 orang. Kalau ditotal semua ada 64.346 pemudik menggunakan kapal hingga H-5 ini," kata General Manager Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Dhany Rahmat Agustian, di Surabaya, Senin, 17 April 2023.

Dhany mengatakan puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terjadi sejak Sabtu, 15 April 2023. Pada hari itu, total penumpang naik maupun turun mencapai 12.020 orang.

BACA: Ribuan Penumpang Kapal Mulai Tiba di Pelabuhan Tanjung Perak

"Kebanyakan mereka adalah perantau, yang bekerja di sana (kepulauan) sebagai pekerja nonformal," ujarnya.

Pihak pelabuhan menyiapkan rekayasa untuk mengantisipasi, lonjakan penumpang naik dan turun di pelabuhan. Salah satunya, pemudik yang belum naik ke kapal harus berada di ruang tunggu sementara, empat jam sebelum keberangkatan kapal.

"Langkah ini agar tidak terjadi penumpukan penumpang saat kedatangan maupun para pemudik yang hendak naik ke kapal," ucap Dhany.

Kemudian untuk mengantisipasi adanya calo tiket pada arus balik nanti, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk operator kapal.

"Kami juga memasang beberapa scan barcode yang itu bisa difoto penumpang kapal. Mereka bisa mengetahui kapan mereka boleh masuk kapan boleh naik ke kapal," ucap dia.

 


(TOM)

Berita Terkait