Sebanyak 300.325 Orang Kembali ke Pulau Bali

Kendaraan mobil mengantre untuk masuk ke kapal feri secara bergantian di dermaga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (ANTARA/Novi Husdinariyanto) Kendaraan mobil mengantre untuk masuk ke kapal feri secara bergantian di dermaga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

Banyuwangi: PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mencatat 300.325 orang kembali dari Pulau Jawa ke Pulau Bali pada periode 11-17 April 2024 atau sejak hari kedua lebaran sampai dengan enam hari setelahnya.

Masyarakat yang kembali sudah sebanyak 71% jika dibandingkan dengan arus mudik H-7 lebaran. "Situasi di setiap dermaga terpantau lancar dengan pemuatan kendaraan didominasi kendaraan logistik dan mobil pribadi," ucap Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin dikutip dari Antara, Jumat, 19 April 2024.

Menurutnya, kondisi di lapangan berdasarkan pantauan tim posko ramai lancar selama periode arus mudik ataupun balik saat ini. Opsi delaying system dan penyekatan kendaraan telah dilakukan untuk mengurai kepadatan ketika menuju pelabuhan sebagai bentuk antisipasi.

Jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 31 unit berdasarkan pantauan Posko Pelabuhan Ketapang dalam penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Bali dengan lintasan Ketapang menuju Gilimanuk.

"Realisasi total penumpang sejumlah 47.318 orang (pada H+6) telah menyeberang, diikuti oleh kendaraan roda dua sebanyak 8.125 unit, kendaraan roda empat sebanyak 4.738 unit, dan total produksi seluruh kendaraan pada H+6 sebanyak 14.703 unit,” ucapnya.

Sementara itu, total keseluruhan kendaraan secara akumulatif yang telah kembali dari Jawa ke Bali periode 11-17 April 2024 terdapat sebanyak 83.908 unit kendaraan sepeda motor dan mobil, atau mencapai 65% dibanding jumlah kendaraan yang berangkat dari Pulau Bali saat arus mudik, yakni sebanyak 129.815 unit kendaraan.


(SUR)

Berita Terkait