Rumah Warga Ini Dihantam Meteroit Berusia 4,6 Miliar Tahun

Penampakan batu meteorit yang menghantam rumah warga (Foto: Hopewell Township Police Department) Penampakan batu meteorit yang menghantam rumah warga (Foto: Hopewell Township Police Department)

SURABAYA : Meteorit menghantam atas rumah warga di Hopewell Township New Jersey, Amerika Serikat. Usai proses analisis, diketahui usia meteorit sekitar 4,6 miliar tahun atau setara umur Tata Surya. Batuan langit itu sebelumnya menabrak rumah Suzy Kop dan ditemukan pada 8 Mei 2023. Gara-gara peristiwa itu ada dua lubang di langit-langit rumah dan lantai ikut rusak.

Kondisi batuan saat ditemukan masih hangat. Beruntung, tak ada korban luka pada saat itu. Setelah petugas membersihkan lokasi, batuan luar angkasa diserahkan ke perguruan tinggi terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebagaimana dikutip dari Space, Ketua Departemen Fisika The College of New Jersey (TCNJ) Nathan Magee mengatakan batuan itu meteorit dalam kelas chondrite. Apa itu? Chondrite batuan primitif yang membentuk 85 persen meteorit di Bumi dan kebanyakan ditemukan di Antartika. Batuan di New Jersey ini memiliki panjang 15 x 10 sentimeter.

baca juga : 6 Kampung Mati Ini Sudah Dihapus dari Peta Indonesia, Ini Ulasannya

Magee kemudian berkonsultasi dengan Jerry Delaney, pensiunan pakar meteorit. Tim mengonfirmasi batuan luar angkasa itu berusia sekitar 4,56 miliar tahun. Artinya, batu sudah ada sejak awal tata surya terbentuk. Meteorit ini memiliki berat 0,9 kilogram dan akan diberi nama Titusville.

"Dalam kondisi sangat baik, dan salah satu dari sejumlah kecil chondrite serupa yang disaksikan jatuh yang diketahui sains," kata Magee.

Pada bagian lapisan atasnya terdapat kerak menghitam dengan tebal beberapa milimeter yang terbakar sebagian di atmosfer Bumi. Magee juga menjelaskan mineral meteorit berwarna biru dan abu-abu dengan sejumlah kecil logam lain yang tercampur.

 


(ADI)

Berita Terkait