Tips Staycation di Hotel Anti Kantong Bolong, Hemat Maksimal!

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Dadali: Buat kamu yang lagi enggak bisa jalan-jalan jauh selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlangsung, enggak ada salahnya kok staycation di hotel. Maklum, pasti sudah banyak orang yang mulai bosan diam di rumah.

Jangan takut malah boros dulu ya. Kalau kamu ikuti tips berikut ini, dompet bisa tetap aman kok selama menginap di hotel.

1. Bandingkan harga hotel

Pada masa susah seperti ini, berhemat itu perlu. Karena itu coba deh cek dulu harga hotel di tiap platform. Meski menawarkan fasilitas yang sama, bisa saja harganya berbeda. Nah, cari deh yang paling pas di kantong kamu, ya.

2. Pilih paket

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilih dulu paket yang kamu mau berdasarkan kelebihan atau ongkosnya. Kamu bisa mencari paket yang sesuai kebutuhan dan menawarkan harga spesial. Dengan begitu, kamu tidak harus mengeluarkan biaya tambahan lagi deh.

3. Hubungi resepsionis

Cara ketiga ini mungkin sering dilewatkan. Padahal bisa saja hotel punya promo yang tidak disebutkan pada platform. Jadi, coba deh tanya-tanya ke resepsionis mengenai paket mereka. Siapa tahu harganya lebih murah. Ingat, malu bertanya, sesal di dompet!

4. Pesan hotel biasa tapi menyenangkan

Banyak hotel yang menawarkan pemandangan ataupun suasana lingkungan yang oke punya. Tapi biasanya, hotel seperti ini lumayan mahal. Jadi, kalau kamu sepertinya keberatan, skip saja.

Sesuaikan saja dengan keinginan kamu atau apa yang ingin kamu lakukan selama staycation. Apakah hanya ingin menonton Netflix, berenang, olahraga, atau sekadar berendam di bathtub air hangat. Realistis adalah koentji!

5. Bergabung dengan grup backpacker

Kalau kamu punya hobi bepergian, jangan ragu untuk bergabung dengan grup backpacker di media sosial. Walaupun aslinya kamu lebih suka pergi sendirian, tapi lumayan kan bisa dapat tips dan informasi bermanfaat seputar hotel atau promo liburan?

Mereka juga bakal sering memberi review yang bakal bermanfaat bagimu. Belajar dari pengalaman orang lain itu enggak ada salahnya.

6. Bawalah camilan dari luar hotel

Biasanya, tagihan yang juga harus kamu pikirkan adalah makanan. Itu karena biaya makanan atau camilan di hotel harganya bisa berlipat-lipat dibanding di luar. Jadi, lebih baik membawa camilan atau makanan dari luar hotel. Dijamin deh, kamu bakal hemat banyak uang.

7. Manfaatkan fasilitas yang ada

Kalau hotel sudah menyediakan kopi, teh, berikut gula dan krimernya, buang jauh-jauh pikiran untuk nongkrong di kafe hotel cuma buat ngopi cantik. Kalau ada yang mau traktir gimana? Ya sudah, sikat saja. Kan kamu enggak minta.

Jadi, sudah tahu mau staycation di mana?


(RAI)

Berita Terkait