PPKM Diperpanjang hingga 7 November, Ini Alasan Pemerintah

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah mulai 4 Oktober sampai 7 November 2022. Semua daerah menerapkan PPKM level 1. Hal ini tertuang dalam Inmendagri Nomor 45 Tahun 2022 dan Inmendagri Nomor 46 Tahun 2022 yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 3 Oktober 2022.

“Kendati seluruh daerah berada pada level 1 tapi kewaspadaan dalam pengawasan dan pengendalian Covid-19 mulai dari level desa/kelurahan sampai tingkat kabupaten/kota tetap harus dilakukan supaya kesiapsiagaan menjaga aktivitas yang aman tetap bisa terjaga," ujar Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA.

Safrizal mengatakan penentuan level masih berpedoman pada Indikator Transmisi Komunitas dan Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan Menteri Kesehatan.

"Serta pertimbangan kondisi sosial ekonomi masyarakat," kata Safrizal.

Baca juga : Nasdem Deklarasi Anies Baswedan, Demokrat: Selaras dengan Semangat Perubahan dan Perbaikan

Dia mengatakan kasus Covid-19 sudah terkendali dalam beberapa bulan terahir. Kondisi itu juga dibarengi dengan aktivitas masyarakat yang mulai normal seperti sebelum pandemi.

"Kami terus menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan di daerah baik dari pemerintah, Forkompimda, TNI/Polri, atau pun para pemangku kepentingan lainnya untuk terus menjalin kerja sama baik dalam penegakan protokol kesehatan untuk menjaga kondisi pandemi yang semakin membaik," kata Safrizal.

 


(ADI)

Berita Terkait