Tas Ultraviolet Pembunuh Bakteri Karya Pelajar Gresik Sabet Medali Emas

Tas unik dilengkapi sinar ulatraviolet karya siswa SMAN 1 Gresik banjir pesanan. (metrotv) Tas unik dilengkapi sinar ulatraviolet karya siswa SMAN 1 Gresik banjir pesanan. (metrotv)

Tas Ultraviolet Cantik Karya Pelajar Gresik

GRESIK: Dua pelajar SMA di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menciptakan tas unik. Selain nyentrik, tas ini juga bersih dari bakteri karena  memadukan unsur teknologi. Karyanya baru saja  meraih medali emas di Lomba Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2021.

Sekilas tas karya Aiko Vitranty Araminta Sukmananda dan Sarasifa Mashia Hermawanputri,  pelajar kelas 12 SMA Negeri 1 Gresik tampak seperti biasa.

Namun, tas berbahan kain bekas atau kain limbah dan aluminium foil tidak sekadar modis, tetapi juga berfungsi untuk melakukan sterilisasi bakteri dengan memadukan unsur teknologi dan budaya batik khas Gresik.

Ketika dibuka, di dalamnya dilengkapi dengan kantung berbahan aluminium foil dan sinar ultra violet. Fungsinya, melindungi makanan maupun telepon genggam yang tersimpan di dalam tas dari bakteri.

BACA: John Kaselik, Peternak Burung Tercantik di Dunia Untung Puluhan Juta, Mau

Aiko Vitranty dan Sarasifa Mashia, pencipta tas unik ini mengatakan ide pembuatan tas berawal dari keinginan memproteksi diri dari bahaya covid-19 akibat bersentuhan dengan orang lain.
 
"Penambahan sinar ultraviolet, khususnya ultraviolet c (U-VC) akan mematikan kuman dan virus yang menempel pada benda yang tersimpan di dalam tas, " ujar Aiko.

Selain itu, produk tasnya juga ramah lingkungan karena memanfaatkan kain bekas yang terdapat di sekitar lingkungan rumahnya.

Hebatnya lagi, pasca meraih medali emas dalam lomba inovasi dan kewirausahaan siswa Indonesia, pesanan tas ultraviolet terus meningkat karena kedua siswa ini memasarkan produknya melalui media sosial.  

"Pesanan terus berdatangan sehingga harus memanfaatkan tenaga UMKM  atau penjahit di sekitar rumah untuk membantu produksi, " ucapnya.  

Anda tertarik memiliki tas ultraviolet cantik produk siswa SMA ? Tak mahal, cukup menyediakan uang Rp 100 ribu  hingga Rp 150 ribu sudah bisa memiliki tas cantik sesuai selera!


(TOM)

Berita Terkait