KPU Kota Madiun Terima 350 Berkas Pendaftar Calon PPS Pilkada 2024

Petugas KPU Kota Madiun menerima berkas pendaftar calon PPS untuk Pilkada 2024 di Kantor KPU, Madiun, Jawa Timur. Foto: ANTARA-HO-Diskominfo Kota Madiun Petugas KPU Kota Madiun menerima berkas pendaftar calon PPS untuk Pilkada 2024 di Kantor KPU, Madiun, Jawa Timur. Foto: ANTARA-HO-Diskominfo Kota Madiun

Kota Madiun: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menerima 350 berkas pendaftaran calon panitia pemungutan suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di wilayah setempat.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Madiun, Rokhani Hidayat, mengatakan ratusan orang tersebut sudah mendaftar sejak 2 Mei. Mereka akan melalui proses seleksi mulai dari verifikasi administrasi, tes tulis CAT (computer assisted test), hingga melakukan wawancara.

"Tes tulis PPS dijadwalkan tanggal 15 Mei. Sistemnya, CAT juga seperti tes tulis untuk PPK," tutur Rokhani Hidayat dikutip dari Antara, Jumat, 10 Mei 2024.

Kebutuhan petugas PPS untuk Pilkada di Kota Madiun adalah 81 orang. Setiap kelurahan di kota tersebut berjumlah 27 kelurahan yang nantinya diisi oleh tiga orang petugas PPS.

"Mereka yang terpilih nantinya bertugas di tiap kelurahan di Kota Madiun," ucap dia.

Menurut Rokhani, pendaftar sebanyak 350 orang itu menandakan antusias masyarakat yang cukup tinggi dalam mendaftarkan diri sebagai PPS.

Sebelumnya, KPU Kota Madiun juga telah melaksanakan pendaftaran badan ad hoc pilkada lainnya, yaitu panitia pemilihan kecamatan (PPK). Kini, untuk PPK sudah melewati proses pendaftaran dan juga telah menjalani tes tulis. Bagi peserta yang lolos, tahap seleksi selanjutnya akan melaksanakan tes wawancara yang diadakan pada Sabtu, 11 Mei 2024.

KPU RI telah menetapkan jadwal Pilkada serentak 2024 pada 27 November 2024. Pilkada serentak tahun ini akan diadakan di 37 provinsi Indonesia.


(SUR)

Berita Terkait