Pemkab Situbondo Alokasikan Rp30 M Untuk Bangun GOR Bung Karna

Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi Wabup Khoirani dan Forkopimda melepas balon peresmian pembangunan GOR Bung Karna di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo. Rabu (19/6/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi Wabup Khoirani dan Forkopimda melepas balon peresmian pembangunan GOR Bung Karna di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo. Rabu (19/6/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto

Situbondo: Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengalokasikan sekitar Rp30 miliar dari APBD 2024 untuk pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karna (GOR Bung Karna). Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyatakan pembangunan GOR di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, ini merupakan langkah mendukung perkembangan olahraga di Kota Santri Pancasila.

"Kami bersyukur pembangunan gedung olahraga ini bisa terlaksana pada tahun ini, terima kasih kepada semua pihak," ucap Bupati Karna Suswandi dikutip dari Antara, Rabu, 19 Juni 2024.

Gedung olahraga berkapasitas 3.000 orang ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan atlet dari berbagai cabang olahraga di Situbondo. Atlet dari berbagai cabang olahraga bisa berlatih di sini untuk meningkatkan keahlian mereka.

Pembangunan gedung olahraga ini diperkirakan memakan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan gedung induk GOR. Karna berharap kehadiran fasilitas olahraga ini semakin membuat rakyat Situbondo sehat rohani maupun jasmani. 

"Dan apabila saya masih dipercaya kembali oleh masyarakat Situbondo juga akan membangun stadion yang lebih representatif," lanjut Bupati Karna Suswandi.

Bupati juga meyakini pembangunan GOR di Desa Kilensari akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitarnya.

"Saya yakin ini menjadi daya ungkit perekonomian rakyat Situbondo. Ketika kompetisi tingkat regional dan nasional terlaksana di sini akan banyak orang datang dan peredaran uang juga meningkat," kata dia.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi, mengucapkan terima kasih kepada bupati atas perhatian dan dukungannya terhadap perkembangan olahraga dengan membangun GOR.

"Tentunya para atlet dari seluruh cabang olahraga yang ada di Situbondo bangga dengan adanya gelanggang olahraga yang saat ini baru dibangun, karena menjadi tempat representatif bagi para atlet untuk latihan, termasuk jadi tempat event olahraga regional maupun nasional," ucapnya.

Samsuri, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Kabupaten Situbondo, menambahkan bahwa tujuan pembangunan GOR ini adalah untuk menjadi pusat pembinaan, latihan, dan kompetisi bagi seluruh cabang olahraga kecuali sepak bola.

"Sedangkan anggaran untuk pembangunan GOR Bung Karna ini berasal dari APPBD dan DBHCHT Rp30,9 miliar,"  jelasnya.


(TAM)

Berita Terkait