Keren, Desa Wisata Semen Blitar Raih Juara ADWI 2022

Wabup Blitar Rahmat Santoso ngobrol bersama wisatawan asal Belanda/ist Wabup Blitar Rahmat Santoso ngobrol bersama wisatawan asal Belanda/ist

BLITAR: Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menyambut gembira keberhasilan Desa Wisata Semen yang menyabet salah satu gelar juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Parekraf, Jakarta, Minggu.

"Yang membanggakan lagi, Desa Wisata Semen merebut gelar juara kategori paling bergengsi di ADWI yaitu kategori Desa Wisata Maju. Alhamdullilah, ini menjadi kebanggan kita semua warga Blitar. Terima kasih kepada semua yang memberikan dukungan, terutama warga desa Semen dan sekitarnya,  " ujar Wabup Rahmat Santoso.

Pantas jika Wabup yang akrab dipanggil Makdhe Rahmat sangat bangga. Sebab, Desa Wisata Semen mengalahkan dua desa di Bali yaitu, yaitu Desa Wisata Sudaji, Kabupaten Buleleng, Bali yang berada di peringkat kedua dan Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Bali di posisi ketiga.

BACA: Busok, Kucing Asal Pulau Raas Madura Curi Perhatian di Kontes Internasional

"Bali sudah dikenal sebagai daerah wisata. Tapi Alhamdulliah, berkat kerja keras semua pihak, kita bisa lebih baik dari dua desa di Bali. Blitar punya alam yang indah dan kita harus bisa mengelola dan menjaganya, " ucap Wabup yang akrab dipanggil Makdhe Rahmat ini.   

Keunggulan Desa Wisata Semen yang terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar ini di antaranya mempunyai regenerasi sampai 7 generasi. Selain itu, juga memiliki panorama alam dan home yang bagus.

Ditambah lagi sejumlah wahana unggulan. Mulai dari Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad yang merupakan wisata buatan dengan wisata edukasi, outbound dan bumi perkemahan.

Kemudian Kucur Watu sebagai lokasi untuk upacara adat maupun wisata alam. Serta yang terakhir adalah Puncak Sekawan yang menyajikan panorama alam luar biasa.

"Ke depan tentu Desa Wisata Semen ini akan kita percantik lagi. Kita akan lebih terbuka dengan semua pihak untuk bekerjasama dan berkolaborasi. Tujuannya tak lain memajukan dunia pariwisata Blitar, khususnya Desa Wisata yang otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,  " ujarnya.  

Penghargaan kepada Desa Wisata Semen Blitar sebagai juara kategori Desa Wisata Maju diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Selain itu juga  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi. @

 

Berikut daftar pemenang ADWI Tahun 2022:

Kategori Desa Wisata Maju
– Juara I: Desa Wisata Semen, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
– Juara II: Desa Wisata Sudaji, Kabupaten Buleleng, Bali
– Juara III: Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Bali
– Juara Harapan I: Desa Wisata Kampung Ugar, Kabupaten Fakfak, Papua Barat
– Juara Harapan II: Desa Wisata Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Kategori Desa Wisata Rintisan
– Juara I: Desa Wisata Sembungan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
– Juara II: Desa Wisata Tirta Agung, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
– Juara III: Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
– Juara Harapan I: Desa Wisata Kampung Melayu BML, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
– Juara Harapan II: Desa Wisata Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Kategori Desa Wisata Berkembang
– Juara I: Desa Wisata Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
– Juara II: Desa Wisata Umauta, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur
– Juara III: Desa Wisata Widosari, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
– Juara Harapan I: Desa Wisata Pandean, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
– Juara Harapan II: Desa Wisata Pulau Sapi, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara

 


(TOM)

Berita Terkait