Aremania Kecewa Komnas HAM Sebut Tragedi Kanjuruhan Bukan Pelanggaran Berat

Stadion Kanjuruhan. (Medcom.id) Stadion Kanjuruhan. (Medcom.id)

Clicks.id: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) baru-baru ini menyebutkan bahwa Tragedi Kanjuruhan tidak termasuk dalam kategori pelanggaran HAM berat. Pernyataan itu membuat Suporter Arema FC, Aremania, kecewa.

Salah satu pentolan Aremania, Ambon Fanda, menilai pemerintah plin-plan dalam menanggapi Tragedi Kanjuruhan. Bahkan, pemerintah disebut tidak membela hak-hak rakyat pada tragedi kemanusiaan itu.

"Untuk saat melihat pemerintah mulai dari TGIPF (Tim Gabungan Independen Pencari Fakta) yang kemarin bicara seperti apa, terus Komnas HAM yang bicara seperti apa, mereka sepertinya plin-plan dan sedikit kendor untuk membela rakyatnya sendiri," kata Ambon Fanda dikutip dari Medcom.id, Jumat, 30 Desember 2022.

"Jadi ya memang kita (Aremania) yang harus semakin kuat untuk memperjuangkan keadilan yang memang sudah digaungkan dalam ideologi negara ini," imbuhnya.

Ambon mengaku menyayangkan sikap Pemerintah dalam upaya usut tuntas Tragedi Kanjuruhan. Sebab ia menilai bahwa pengusutan perkara ini terkesan diabaikan dari hari ke hari.

"Sangat disayangkan sekali. Ini kan permasalahan rakyat. Harusnya pemerintah ada di samping rakyatnya untuk membela hak-hak rakyatnya. Tapi nyatanya semakin hari semakin seperti diabaikan," ujarnya. 


(SUR)

Berita Terkait