Syarat Belum Lengkap, Ratusan Bacaleg di Tulungagung Terancam Dicoret

Komisioner KPU Tulungagung, Muhammad Arif/ist Komisioner KPU Tulungagung, Muhammad Arif/ist

TULUNGAGUNG: Ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) dinyatakan belum memenuhi syarat oleh KPU Tulungagung. Nantinya, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi ke partai politik untuk dilakukan perbaikan.

Komisioner KPU Tulungagung, Muhammad Arif mengatakan, setelah menerima berkas pendaftaran bacaleg dari partai politik tahapan verifikasi adminitrasi langsung dilakukan dan  sudah mencapai 80 persen.

"Dari hasil verifikasi, ratusan bacaleg berkas pendaftarannya belum memenuhi syarat, " ujarnya.

Dalam proses verifikasi adminitrasi, KPU memeriksa 10 item persyaratan. Jika satu item belum terpenuhi, maka berkas dinyatakan belum memenuhi syarat.

BACA: Panasnya Minta Ampun, Ternyata Ini Penyebabnya!

"Mayoritas berkas yang belum dilengkapi oleh bacaleg adalah surat keterangan dari pengadilan. Jumlah bacaleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat mencapai 500 an orang, " ujarnya.

Setelah verifikasi administrasi rampung. Nantinya KPU akan bersurat ke pihak partai perihal bacaleg yang belum memenuhi syarat ini. Pihak partai politik akan melakukan perbaikan sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan.

"Jika perbaikan tidak dilakukan, maka bacaleg tersebut dipastikan tidak akan lolos dalam proses verifikasi administrasi, " tandasnya.

Total ada sebanyak 766 bacaleg didaftarkan oleh partai politik peserta pemilu 2024 ke KPU tulungagung. Mereka akan bertarung memperebutkan 50 kursi di DPRD Tulungagung dalam pemilu 2024 mendatang.

 


(TOM)

Berita Terkait