Pasar Bululawang Malang Terbakar, 51 Kios Ludes

Pasar Bululawang, Malang hangus terbakar Minggu dini hari (Foto / Metro TV) Pasar Bululawang, Malang hangus terbakar Minggu dini hari (Foto / Metro TV)

MALANG : Kebakaran hebat menghanguskan 51 kios di Pasar Bululawang, Malang, Minggu 16 Januari 2022. Banyaknya bahan yang mudah terbakar membuat pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api. Sembilan unit mobil pemadam kebakaran baru bisa menjinakkan api setelah 3 jam.

Petugas Damkar Kabupaten Malang, Samsul Bachtiar mengatakan, insiden ini terjadi pada Minggu dini hari tadi. Titik api pertama kali diketahui dari sebelah selatan pasar. Kemudian, api diduga merembet dengan cepat lantaran di dalam kios menyimpan bahan mudah terbakar.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Saat ini, polisi melakukan olah TKP untuk mencari tahu penyebab kebakaran," terangnya.

Diduga Korselting Listrik

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Kabupaten Malang Goly Karyanto mengatakan dugaan sementera kebakaran pasar Bululawang akibat korsleting listrik di salah satu lapak milik pedagang. Namun untuk memastikannya masih menunggu penyelidikan polisi.

"Tercatat ada 51 lapak milik 32 pedagang yang terbakar. Kerugian mencapai ratusan juta," katanya.

Namun, lanjutnya, kerugian itu masih belum ditambah dengan akibat kerusakan pada bangunan pasar. Pendataan jumlah kerugian akibat kebakaran Pasar Bululawang tersebut masih akan dilakukan oleh dinas terkait dari Pemerintah Kabupaten Malang.

"Pendataan lengkap akan dilakukan dinas terkait. Untuk data sementara, berdasarkan informasi untuk satu kios itu berkisar Rp100 juta hingga Rp250 juta," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait