Geledah Lapas Sidoarjo, Petugas Temukan Benda Tajam

Petugas melakukan razia di lapas temukan barang terlarang (Foto / Metro TV) Petugas melakukan razia di lapas temukan barang terlarang (Foto / Metro TV)

SIDOARJO : Tim Satuan Operasional (Satops) Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo. Sidak yang dipimpin Kadivpas Teguh Wibowo ini secara acak langsung menuju kamar hunian narapidana kasus narkotika tepatnya di blok A.

Dengan teliti dan jeli tim memeriksa satu per satu barang barang terlarang yang berada di kamar warga binaan. “Tetap dengan sikap humanis, kami melakukan salam dan tegur sapa kepada warga binaan untuk memeriksa kamar mereka satu persatu,” tutur Teguh.

Tak ketinggalan juga bagian dapur, musala, brandgang pun diperiksa rata oleh tim. Dari beberapa kamar dan tempat yang digeledah pada malam hari ini, tim menemukan elektronik, uang tunai, peralatan pertukangan dan beberapa benda tajam.

“Dengan disaksikan oleh kalapas beserta staf, seluruh barang temuan hari ini dimusnahkan,” ujarnya.

Baca juga : Sontoloyo, Bapak di Jombang Hamili Anak Tiri

Penggeledahan ini sebagai salah satu evaluasi pelaksanan kunjungan langsung secara terbatas. Menurut Teguh, kunjungan langsung setelah dua tahun ditiadakan berpotensi dimanfaatkan oknum-oknum untuk menyelundupkan barang terlarang.

“Kami telah memerintahkan seluruh jajaran untuk aktif melakukan deteksi dini maupun penggeledahan agar lapas/rutan bersih dari narkotika,” ujarnya.

Tidak itu saja, Teguh juga memerintahkan jajarannya agar teliti dalam memeriksa barang bawaan pengunjung. Terutama yang akan dibawa masuk ke dalam ruang besukan.

"Dari sisi warga binaan, kami telah mengimbau agar membantu petugas lapas menciptakan suasana yang kondusif. Salah satunya dengan tidak menyalahgunakan narkotika," katanya.


(ADI)

Berita Terkait