Setir Bergetar saat Direm, Ini Penyebabnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Ada banyak penyebab kenapa setir bergetar saat direm. Setir bergetar saat ketika berkendara tentunya membuat situasi menjadi tak nyaman. Pasalnya, selain mengganggu, getaran setir juga menjadi indikator ada sesuatu yang salah pada mobil.

Pernah merasakan setir mobil bergetar ketika berkendara, terutama ketika direm? Untuk hal yang satu itu, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab utama. Lantas, apa penyebab setir bergetar saat direm? Berikut ulasannya.

1. Rotor Rem Menipis

Penyebab pertama setir mobil bergetar saat direm adalah rotor rem yang mulai menipis. Sebagai salah satu komponen kendaraan, rotor rem yang tipis bisa mengakibatkan sistem pengereman mobil menjadi tak halus dan tersendat-sendat. Akibatnya, setir menjadi bergetar ketika mobil digunakan.

2. Shockbreaker Belakang Rusak

Selain rotor rem, bagian shockbreaker belakang juga bisa menjadi penyebab bergetarnya setir mobil ketika direm. Berfungsi utama meredam guncangan, shockbreaker yang rusak akan melonggarkan segel piston dan membocorkan cairan dalam silinder, membuat mobil jadi goyah dan menggetarkan setir.

Baca juga : Hyundai Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Kotoran Manusia

3. Guide Pin Mengering

Satu penyebab lainnya adalah guide pin yang mengering pada mobil. Juga salah satu komponen sistem pengereman, guide pin bertugas untuk menyalurkan energi gerak dari rem ke rotor; jika kering, energi gerak yang seharusnya disalurkan akan menjadi tersendat dan membuat setir mobil bergetar saat direm.

Melihat penyebab-penyebab di atas, bagaimana cara untuk mengatasinya? Tak perlu khawatir, berikut ini deretan tips untuk atasi setir mobil bergetar saat direm.

Kurangi Kecepatan

Satu hal yang bisa dilakukan ketika setir mobil bergetar kala berkendara adalah mengurangi kecepatan. Dengan berkurangnya torsi, maka sistem pengereman juga mendapatkan beban kerja yang lebih ringan dan mampu mengurangi getaran.

Servis Teratur

Cara mengatasi setir bergetar yang berikutnya adalah dengan melakukan servis teratur, terutama pada komponen-komponen di atas. Dengan servis teratur, maka getaran pada setir bisa dicegah berkat memperbaiki dan mengganti bagian mobil sebelum teradapat kerusakan lebih lanjut.

 


(ADI)

Berita Terkait