Intip Kegagahan Mobil MV2 4X4, Kendaraan Perang Versi Sipil

Penampakan Pindad Maung (Foto/ Istimewa) Penampakan Pindad Maung (Foto/ Istimewa)

SURABAYA : Harga Maung Pindad versi sipil terbaru tahun 2022 menarik untuk diulas. Diketahui bahwa beberapa waktu lalu PT Pindad Persero telah merilis kendaraan taktis (Rantis) MV2 4x4. Kendaran ini diklaim berbeda dengan mobil buatan Pindad sebelumnya yakni Rantis Maung.

Namun, ada yang menyebut bahwa MV2 4X4 adalah Maung versi sipil. Meski dipasarkan untuk sipil, mobil ini pastinya kental dengan karakter militer yang gagah dan kuat. Terlebih, secara visual Maung dan MV2 4X4 sangat identik dan begitu mirip. Kendaraan ini dilaunching pada 2 Agustus 2021 dan diresmikan oleh Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose.

Melansir dari laman resminya, MV2 4x4 merupakan pengembangan terbaru yang didesain dengan prototype awal berwarna biru muda. Tampilan desain dan interior mobil ini lebih modern, memiliki baris belakang lebih lega, atap hardtop dengan kanopi belakang yang dapat dilepas pasang, serta dilengkapi dengan foot step samping.

"Kendaraan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern dan juga dimungkinkan untuk memenuhi pasar lain selain pasar militer. Kemampuan manuver yang dimiliki gesit dan handal, dilengkapi suspensi yang nyaman digunakan baik di medan on road maupun off road," tulis laman resmi Pindad, Sabtu 25 Juni 2022.  

Baca juga : Kehilangan Subscribers, Netflix Pecat 300 Karyawan

Secara teknis, Maung versi sipil ini memiliki spesifikasi yang sama dengan versi militer. Hanya saja, keduanya dikembangkan untuk tujuan berbeda. Maung sepenuhnya dikembangkan untuk menunjang operasi militer dan bisa digunakan untuk berbagai medan pertempuran.

Sementara MV2 4x4 dikembangkan dengan tujuan yang lebih luas. Pindad melihat adanya antusiasme sejumlah kalangan masyarakat akan kendaraan militer tapi bisa dipakai sipil. Oleh sebab itu, Pindad mengembangkan kendaraan militer versi sipil yang bisa dibeli oleh semua kalangan.

Spesifikasi dan Harga

Maung Pindad versi Sipil terbaru 2022 MV2 ini adalah mobil dengan penggerak empat roda (4WD) atau 4x4 dengan ban 35 x 12.50 R17. Secara spesifikasi, mobil MV2 ini dibekali dengan mesin diesel dengan daya kurang lebih 136 HP @3.200 RPM dan torsi maksimum 385 Nm @1.600-2.600 RPM.

Transmisi yang pakai adalah model manual dengan jumlah percepatan 6 maju dan 1 mundur. Suspensi depan independent double wishbone sedangkan bagian belakang four link with coilover shock. Untuk body, MV2 memiliki panjang 5.220 mm, lebar 2.010 mm, tinggi 1.860 mm, jarak sumbu roda 3.220 mm dan ground clearance 260 mm.

Berat kosong mobil ini adalah 2.630 Kg dan mampu menahan berat maksimal hingga 3.200 Kg. Maung versi sipil ini memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam dan mempunyai jarak tempuh 600 Km dalam kondisi full tank bahan bakar. Kemampuan daya tanjaknya mencapai 60%, kemiringan 30% dan mengarung (fording) 0,75 m. Spesifikasi bodi ini sedikit lebih besar daripada Maung.

Keberadaan Pindad Maung dan MV2 ini tentu menjadi kebanggan untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, Indonesia mampu menciptakan produk mobil sendiri yang tak kalah keren untuk bersaing dengan pabrikan global lainnya. Sayangnya, belum ada informasi terkait harga mobil ini.

Jika sebelumnya Maung diperkirakan Rp600-700 juta, belum dipastikan apakah apakah harga Maung versi sipil ini sama dengan pendahulunya. Harganya mungkin bisa lebih tinggi jika mobil ini di custom sesuai keinginan pembeli.


(ADI)

Berita Terkait