Bangkai Paus Terdampar di Rawa Bakau Sumenep

Penampakan bangkai paus yang terdampar di Sumenep (Foto / Istimewa) Penampakan bangkai paus yang terdampar di Sumenep (Foto / Istimewa)

SUMENEP : Bangkai ikan paus ditemukan terdampar di Rawa Bakau pinggir pantai, Dusun Tanjung Selamat, Desa Masakambing, Kecamatan Masalembu, Jumat 30 Juni 2023. Saat ditemukan batok kepala ikan bagian atas sudah tidak ada dan telah mengeluarkan bau busuk.

Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S menceritakan, bangkai ikan paus ditemukan pertama kali oleh Mursyid (53), warga setempat. Penemuan berawal saat Mursyid mencium bau busuk dari arah rawa bakau yang berjarak kurang lebih 300 meter dari dermaga tradisional Pulau Masakambing.

"Lalu dia berinisiatif mendatangi rawa bakau dengan berjalan kaki yang pada saat itu air laut sedang surut," katanya, Sabtu 1 Juli 2023.

Ternyata, Mursyid melihat bangkai ikan Paus di rawa bakau. Dia pun bergegas memberitahu ke warga yang lain. "Sekira pukul 06.30 WIB Pj Kades Masakambing, Inung mendatangi lokasi dan mendokumentasikan temuan tersebut," ujarnya.

baca juga : Bawa Kendaraan Pelat Merah, Pasutri di Probolinggo Curi Motor hingga Puluhan TKP

Widiarti mengatakan, ikan paus tersebut diperkirakan sudah lama terdampar masuk ke rawa bakau, dan akhirnya mati. Untuk diketahui, jarak Pulau Masakambing dan Pulau Masalembu berjarak sekitar 15 mil laut atau 25 km dan jarak rawa bakau dengan rumah penduduk sekitar 1 km. Rawa bakau di pulau Masakambing mengalami air surut pada pukul 11.00 WIB siang sampai 04.00 WIB dini hari, dan air laut pasang dimulai jam 04.00 WIB sampai 11.00 WIB.


(ADI)

Berita Terkait