Berburu Takjil di Kampung Madinah Magetan

Suasana Kampung Madinah jelang berbuka puasa/metrotv Suasana Kampung Madinah jelang berbuka puasa/metrotv

MAGETAN: Kurang lengkap rasanya saat berkunjung di Kabupaten Magetan jika tidak bersinggah atau mampir di Kampung Madinah yang berada di Desa Temboro, Kecamatan Karas.

Kampung Madinah ini berada di lingkungan Ponpes  Alfatah  Temboro yang merupakan ponpes terbesar di Kabupaten Magetan. Memiliki sekitar 27 ribu santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara.

Di saat bulan suci ramadhan, kawasan berbusana muslim ini selalu ramai dengan aktivitas pedagang dan pembeli yang hendak berburu takjil atau membeli lauk pauk berbuka puasa.

Berbagai macam makanan tersedia di Kampung Madinah. Mulai jajan tradisional dari berbagai daerah, sate madura, nasi padang hingga makanan timur tengah serta aneka minuman yang menyegarkan.

BACA: Enting-enting Gulung, Jajanan Khas dari Tulungagung

"Saya sudah dua tahun menimba ilmu di Pondok Pesantren Temboro. Ini sama teman-teman memebeli minuman untuk berbuka puasa, " ujar Muhamad Rasya Ramadhan, santri asal Makasar.

Sementara Izah Tur Rahmah, pedagang asal Blora, Jawa Tengah, mengatakan, saat ramadhan ini omzet penjualan minumnya meningkat hingga lebih dari seratus persen.

"Saat hari biasa dirinya hanya mendapatkan sekitar Rp 500  ribu. Pada saat ramadhan ini bisa  mendapatkan Rp 1.200.000 perharinya, " ujarnya.  

Menjelang Magrib, aktivitas di Kampung Madinah mulai terlihat sepi. Sebagian besar pedagang sudah menutup toko dan warungnya dan akan buka kembali setelah berbuka puasa dan menunaikan ibadah sholat.

 


(TOM)