Belasan Anak di Sidoarjo Positif Covid-19, Termasuk Bayi Usia 1 Bulan

Bayi berusia 1 bulan terpapar covid-19 dirawat di ruang isolasi khusus. (metrotv) Bayi berusia 1 bulan terpapar covid-19 dirawat di ruang isolasi khusus. (metrotv)

SIDOARJO: Tidak hanya menyasar orang dewasa, sebaran covid-19 saat ini juga menyerang anak-anak. Di RSUD Sidoarjo, ada 12 anak dirawat sejak awal Juni ini.  

"Lima diantaranya sudah sembuh diperbolehkan pulang dan saat ini masih tujuh anak dirawat di RSUD Sidoarjo, " ujar Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan, Kamis 24 Juni 2021.  

Anak yang dirawat di RSUD Sidoarjo ini usianya bervariasi, 4 tahun hingga 12 tahun. Bahkan ada satu pasien yang masih bayi berusia 1 bulan.

BACA: 11 Warga Satu Kampung Meninggal Terpapar Covid-19, Klaster Hajatan Lamongan Ganas!

"Bayi satu bulan ini dirawat di ruang khusus isolasi. Sementara yang usianya 1 tahun ke atas dirawat di ruang merah putih, " ujarnya.

Kasus bayi positif covid-19 tersebut diduga tertular ibunya sejak masih dalam kandungan. Artinya tidak tertular melalui droplet, melainkan melalui plasenta atau ari-ari.

Dokter Atok meminta orang tua agar tidak membawa anaknya ketika bepergian. Selain itu juga  taat protokol kesehatan, selalu memakai masker, cuci tangan dan hindari kerumunan.

 


(TOM)

Berita Terkait