Rekor Buruk! 180 Kabupaten/Kota Masuk Zona Merah, Jatim Terbanyak

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Kabar buruk kembali datang Satgas Covid-19. Secara nasional, jumlah kota dan kabupaten yang masuk  zona merah atau berisiko tinggi semakin banyak. Bahkan mencatatkan rekor selama pandemi.

"Saat ini kabupaten kota dengan zona risiko tinggi menjadi yang terbanyak sepanjang pandemik yaitu 180 kabupaten kota," ujar Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito  dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 22 Juli 2021.

Wiku menjelaskan 180 daerah yang masuk zona merah mayoritas berada di Jawa Timur sebanyak 33 kabupaten dan kota. Kemudian, Jawa Tengah 29 kabupaten dan kota dan Jawa Barat 21 kabupaten dan kota.

Selain itu, Wiku menyebut angka kematian mengalami peningkatan. Dalam enam hari terakhir, angka kematian akibat covid-19 mencapai lebih dari 1.000 jiwa per hari.

BACA: Miris! Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Pacitan Tanpa Tenaga Kesehatan

"Ini tidak dapat ditoleransi lagi. Karena ini bukan sekadar angka, didalamnya ada keluarga, kerabat, kolega, dan orang-orang tercinta meninggalkan kita," kata dia.

Permasalahan ini harus segera terselesaikan sebelum pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dilonggarkan. Wiku meminta masyarakat dapat bahu membahu meningkatkan testing dan menurunkan angka kematian.

"Perkembangan yang sudah baik seperti kasus positif, kasus aktif, dan BOR (bed occupancy rate) harian yang menunjukkan penurunan serta kesembuhan yang meningkat ini harus terus kita pertahankan dengan begitu zonasi risiko wilayah-wilayah yang saat ini berada di zona merah dapat segera membaik," bebernya.

 


(TOM)

Berita Terkait