Rekor Terburuk, Timnas Putri Indonesia Dijahar Australia 18-0

Pemain Timnas Indonesia Zahra Muzdalifah/Istimewa Pemain Timnas Indonesia Zahra Muzdalifah/Istimewa

INDIA: Tim Nasional (Timnas) sepak bola putri Indonesia babak belur dihajar Australia 18-0 di partai perdana penyisihan Grup B Piala Asia Wanita AFC 2022 di Stadion Fooball Mumbai, India, Jumat 21 Januari 2022.

Kekalahan tersebut menjadi kekalahan terbesar sepanjang sejarah Timnas Putri Indonesia. Sebelumnya, kekalahan terbesar dialami Indonesia saat kalah 14-0 dari Vietnam di Piala AFF.

Babak pertama, sembilan gol dicetak Australia. Samantha Kerr yang mencetak empat gol yakni pada menit 9', 11', penalti 26' dan 36'. Kemudian satu gol dicetak masing-masing oleh C. Foord 14', M. Fowler 17', H. Raso 24', E. Carpenter 34' , dan E. van Egmond (penalti pada 39').

BACA: 5 Pemain Arema Positif Covid-19

Skor di babak pertama seolah menjadi pukulan telak Timnas putri Indonesia, yang baru saja tampil kembali di Piala Asia setelah absen selama 33 tahun. Tak ada kompetisi rutin di sepak bola putri, membuat Zahra Musdalifah dan kawan-kawan menjadi bulan-bulanan Timnas  putri Australia yang diperkuat pemain nomor dua terbaik dunia, Samantha Kerr.

Babak kedua, Timnas putri Australia semakin merajalela dengan tambahan sembilan gol lagi. Kesembilan gol Timnas putri Australia dicetak E. Carpenter 49', Samantha Kerr 54', E. van Egmond (57', 58', 69"), K. Simon (67', 71'), A. Luik 78' dan H. Raso 88'.

Permainan Timnas putri Indonesia memang kalah kelas dari Australia, yang sudah langganan lolos ke Piala Dunia putri. Australia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Putri 2023 bersama Selandia Baru, sangat mendominasi laga tersebut.

Di ajang Piala Asia Wanita AFC 2022 ini, Indonesia tergabung di Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina. Memang tak ada target tinggi diberikan PSSI untuk Timnas putri Indonesia di ajang ini.

Ajang tersebut dijadikan momentum kebangkitan sepak bola putri di Tanah Air. Timnas Putri Indonesia bisa tampil kembali di Piala Asia Wanita setelah 33 tahun penantian.

Anak asuh Rudy Eka Priyambada masih akan menghadapi tim kuat Timnas putri Thailand di laga berikutnya, Senin 24 Januari. Lawan relatif seimbang bakal dihadapi Muzdalifah dkk pada laga ketiga melawan Filipina, Kamis 27 Januari 2022.

 

 


(TOM)

Berita Terkait