650 Perenang Ramaikan Jatim Open 2021

Ketum PRSI Jatim Reswanda Ketum PRSI Jatim Reswanda

SURABAYA: Sebanyak 650 perenang dari berbagai provinsi tampil dalam ajang Kejuaraan Nasional Renang Jatim Open 2021 di Kolam Renang Dispora Jatim selama tiga hari, 27-29 November 2021.

"Peserta dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Jatim Kalimantan, Sulawesi, Bali dan berbagai daerah lainnya," ujar Ketua Panitia, Herlambang Wijaya, Sabtu  27 November 2021.

Sementara Plt Asdep Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora Bambang Siswanto mengatakan, Jatim Open 2021 ini merupakan bagian dari Desain Besar Olahraga nasional (DBON).

"Mari kita bersama, semua bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan prestasi cabor renang ke tingkat dunia. Karena Jatim Open ini merupakan Desain Besar Olahraga nasional (DBON).  Dan DBON merupakan rumahnya olahraga untuk menuju olimpiade 2024  atau tahun berikutnya, " ajaknya.

Jatim Open senediri merupakan kejuaraan yang digelar rutin setiap tahun. Namun sempat terhenti di 2019 dan 2020 lantaran pandemi covid-19.

BACA: Wujudkan Mimpi 5 Besar Olimpiade, Menpora Sosialisasi DBON di Jatim

"Kami berharap  tahun 2022 ini mereka yang mengikuti kejuaraan renang Jatim Open 2021 bisa menjadi atlet renang handal bagi Indonesia untuk memperkuat tim renang nasional Indonesia Asian Games di Philipina mendatang, kami akan berkonsentrasi pada pembinaan usia dini yang berjenjang. Jatim meruapakan salah satu barometer olahraga prestasi di Indonesia, " beber Bambang Siswanto.  

Terpisah,  Ketum PRSI Jatim Reswanda sangat bersyukur dengan digelarnya kembali Jatim Open 2021 setelah selama 2 tahun tidak ada kejuaraan karena pandemi covid- 19.

”Kami sangat berterima kasih pada Kemenpora RI, KONI Jatim dan Pemerintah provinsi Jatim atas dukungannya di gelarnya kejuaraan renang Jatim Open 2021,” ujarnya Reswanda.

Ditambahkan Reswanda, Jatim Open 2021 ini bertujuan memberi kesempatan pada perenang-perenang lapis kedua Jatim yang dipersiapkan untuk PON XXI di Sumut dan Aceh.

"PRSI Jatim di PON XX Papua tampil kemarin sebagai juara umum cabor renang.  Jadi kami harus menyiapkan atlet renang sedini mungkin untuk mempertahankan prestasi ini, " tandasnya.

Di PON XX Papua lalu, Jatim meraih prestasi terbaik dengan 24 emas 13 perak 11 perunggu. Ada 5 cabor di bawah naungan PRSI Jatim, yaitu Renang Pool, Renang OWS, Loncat Indah, Renang Indah dan Polo Air.


(TOM)

Berita Terkait