Intip Inovasi Motor Berbahan Bakar Bir, Begini Cara Kerjanya

Penampakan motor berbahan bakar bir (Foto / Istimewa) Penampakan motor berbahan bakar bir (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Ky Michaelson, seorang inovator dari Minnesota, Amerika Serikat berhasil membuat sepeda motor yang dijalan tidak dengan menggunakan bensin, melainkan pakai bir. Tentu ini menjadi sebuah inovasi yang sangat tidak biasa. Dia pun mempunyai beberapa alasan mengapa sampai tercetus ide untuk membuat motor dengan bahan bakar bir tersebut.

Pertama, Ky Michaelson di dunia sepeda motor Amerika Serikat adalah sosok inovator yang legendaris. Dia pernah membuat banyak motor aneh untuk kepentingan film-film Hollywood. Beberapa karyanya pernah ditampilkan di film Police Adameny dan Lethal Weapon.

Selain itu, Ky Michaelson ingin membuat sepeda motor yang unik karena harga bensin di Amerika Serikat sudah sangat mahal. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga satu botol bir. "Harga bensin terus naik sekarang. Saya tidak minum bir. Jadi saya berpikir kenapa tidak menggantikan bensin dengan bir," ucap Ky Michaelson dikutip kanal YouTube Fox9 News.

baca juga : Nissan Skyline GT-R Mendiang Paul Walker di Fast and Furious Cetak Rekor Termahal di Dunia, Laku Rp17,2 Miliar

Untuk membuat motor unik itu, Ky Michaelson dibantu oleh anaknya, Buddy Michaelson. Proses pembuatan juga terus dilakukan hingga kini. Yang membedakan antara motor ini dengan motor konvensional adalah sistem pembakarannya. Dia membuat sebuah koil khusus yang bisa memanaskan bir hingga ke titik didih tertentu.

Sistem kerjanya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mesin uap. Jadi bir dipanaskan hingga uap yang dihasilkan bisa mendorong motor untuk berjalan. "Sebenarnya bisa saja menggunakan cairan lainnya seperti kopi dan minuman energi. Tapi kenapa tidak dengan bir," jelas Buddy Michaelson.

Saat ini motor tersebut memang masih dalam tahap pengembangan. Hanya saja Ky Michaelson dan Buddy Michaelson yakin motor tersebut bisa mencapai kecepatan tertinggi 240 kilometer per jam. Dari situ mereka bertekad akan membawa motor spesial itu dalam lomba drag race. Setelah pembuktian itu motor tersebut akan ditaruh di museum pribadi Ky Michaelson.

"Kreasi ini memang masih dalam tahap pengembangan tapi saya lihat ini sudah jadi sebuah inovasi yang sangat menarik," kata Kyc Michaelson.

 


(ADI)

Berita Terkait