22 Gempa Letusan, Gunung Semeru Semburkan Lahar

Gunung Semeru/ist Gunung Semeru/ist

LUMAJANG. Sebanyak 22 gempa letusan terjadi di Gunung Semeru pada Jumat, 24 Maret 2023. Selain itu, Lahar dingin dan panas keluar dari kawah gunung yang berada di Lumajang, Jawa Timur.

Sejumlah video terkait aliran lahar Semeru, viral di Twitter. Di antaranya memperlihatkan aliran lahar yang deras sedang mengalir di Curah Kobokan, Lumajang. Video lain memperlihatkan proses perbaikan jalur lintas kobokan, setelah diterjang banjir.

Sementara dilansir dari laman Kementerian Energi Sumber Daya Alam dan Mineral, Magma, tercatat sedikitnya 22 kali gempa letusan sepanjang Jumat 24 Maret 2023, dari pagi hingga siang pukul 12.00 WIB.

BACA: Pemuda Sidoarjo Terluka Akibat Ledakan Petasan, 4 Rumah Rusak!

Terdapat pula satu kali gempa tektonik lokal, dan satu kali gempa getaran banjir. Magma merekomendasikan agar tidak ada kegiatan di sepanjang Besuk Kobokan, hingga 13 km dari puncak atau pusat erupsi. Sebab ada potensi perluasan awan panas dan aliran lahar, bahkan hingga 17 km dari puncak. Potensi lontaran batu pijar juga mengancam di radius 5 km dari puncak.

Magma juga meminta agar waspada terhadap awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

 


(TOM)

Berita Terkait