Dilanda Cuaca Ekstrem, Puluhan Rumah di Bangkalan Rusak Parah hingga Roboh

Terjangan hujang disertai angin kencang merobohkan rumah di Bangkalan, Jawa Timur/metrotv Terjangan hujang disertai angin kencang merobohkan rumah di Bangkalan, Jawa Timur/metrotv

BANGKALAN: Cuaca ekstrem mulai terjadi di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Puluhan rumah di tiga kecamatan mengalami rusak parah bahkan ada yang roboh karena dihantam hujan dan angin kencang selama kurang lebih dua jam.

Hujan disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Kota Bangkalan, Kecamatan Tanah Merah dan Kecamatan Socah, pada Minggu 14 Agustus 2022. Puluhan rumah dan bangunan milik warga di tiga kecamatan tersebut mengalami kerusakan  cukup parah.

Nampak beberapa rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap.  Bahkan ada rumah warga yang  roboh dan tidak bisa dihuni. Akibatnya beberapa warga memilih untuk mengungsi ke rumah kerabat yang rumahnya masih aman.

BACA: Pria Bangkalan Bunuh Istri Siri, Terbongkar Setelah Jasad Jadi Tulang Belulang

Selain diterjang angin kencang, ada beberapa rumah warga yang rusak akibat ditimpa pohon besar yang roboh.  Untuk membantu para warga pihak BPBD langsung terjun ke lapangan untuk membersihkan pohon yang roboh dan mendata rumah-rumah warga yang rusak.

"Hujan disertai angin kencang berlangsung selama kurang lebih dua jam. Di wilayah kami ada lima puluh rumah warga yang rusak. Kami masih mendata rumah-rumah warga yang rusak untuk mengajukan bantuan kepada pihak Pemkab, " ujar Lurah Bancaran, Sugiono.

Sementara Rizal Morris, Kepala Pelaksana Tugas Harian BPBD Bangkalan mengatakan, masih belum diketahui pasti rumah warga yang terdampak Cuaca Ekstrem tersebut.  

"Saat ini kami masih melakukan pendataan di tiga kecamatan yang terdampak, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait