Muhaimin Singgung Khofifah Jelang Pilkada Serentak 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (kiri) didampingi jajaran petinggi kedua partai di DPP PKB, Jakarta pada Senin, 29 April 2024. (ANTARA FOTO/Erlangg Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono (kiri) didampingi jajaran petinggi kedua partai di DPP PKB, Jakarta pada Senin, 29 April 2024. (ANTARA FOTO/Erlangg

Surabaya: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengaku sudah mengantongi nama kandidat yang bakal diusung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang digelar November 2024. Alih-alih buka nama, Cak Imin justru 'menyentil' Khofifah Indar Parawansa

"Siapa dia, orangnya masih rahasia. Nanti kalau bocor ketahuan Khofifah, bahaya," kata Muhaimin dikutip dari Antara, Selasa, 30 April 2024.

Khofifah merupakan Gubernur Jawa Timur pada periode 2019-2024. Ia disebut-sebut memiliki peluang besar untuk kembali menjadi calon gubernur periode 2024-2029.

Syarat mengusung pasangan calon Gubernur Jawa Timur adalah minimal 20% dari total kursi atau sejumlah 24 kursi DPRD Jawa Timur. Khofifah sendiri sudah mendapatkan surat penugasan dari Partai Golkar dengan total 15 kursi.

Di sisi lain, PKB dan PPP sepakat untuk berkoalisi dalam Pilkada Jawa Timur. PKB memiliki kursi terbanyak di DPRD Jawa Timur periode 2024-2029, yaitu 27 kursi, sedangkan PPP memiliki empat kursi.

Sementara itu, Khofifah sebelumnya memastikan bahwa ia akan fokus pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur. "Sudah dari Desember yang lalu, empat partai. Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, sudah memberi surat penugasan," ujar Khofifah dikutip dari Antara, Selasa, 30 April 2024.


(SUR)

Berita Terkait