Polisi Intensifkan Patroli Permukiman saat Warga Berlebaran ke Luar Rumah

Patroli keamanan dilakukan di kawasan perumahan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Polresta Sidoarjo) Patroli keamanan dilakukan di kawasan perumahan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Polresta Sidoarjo)

Sidoarjo: Petugas Polresta Sidoarjo melakukan patroli di kawasan permukiman setempat. Patroli dilakukan untuk menjaga dan memastikan keamanan lingkungan selama masyarakat bersilaturahmi ke rumah kerabat saat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Christian Tobing mengatakan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) ini bentuk atensi Korps Bhayangkara menjamin kenyamanan masyarakat saat meninggalkan rumah untuk pergi bersilaturahmi.

"Antisipasi tindak kriminalitas yang ingin mencari peluang kejahatan di saat masyarakat sedang tidak berada di tempat tinggalnya guna bersilaturahmi atau kawasan obyek vital seperti perkantoran, pertokoan dan sebagainya sedang libur lebaran kami masifkan patroli kamtibmas menyasar pemukiman warga, perumahan, perkantoran maupun pertokoan," kata Christian dikutip dari Antara, Kamis, 11 April 2024.

Ia mengatakan polisi juga mengimbau kepada petugas keamanan ataupun warga untuk mewaspadai tindakan kejahatan dan memperketat akses untuk orang baru memasuki kawasan perumahan sepanjang libur lebaran.

Masyarakat juga perlu mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran. Warga juga diminta mewaspadai cuaca ekstrem seperti hujan deras dan petir, khususnya di Kabupaten Sidoarjo yang dapat menyebabkan banjir dan pohon tumbang.

"Warga maupun pihak sekuriti dan bhabinkamtibmas bersama babinsa agar siaga antisipasi tindak kriminalitas serta cuaca ekstrem yang terjadi sewaktu-waktu belakang hari ini. Segera laporkan ke kapolsek, kapolres maupun petugas BPBD bila terjadi dampak cuaca ekstrem," ucapnya.


(SUR)

Berita Terkait