Gempa Bantul Rusak Ratusan Rumah di Jawa Timur, Pacitan Terbanyak!

Ruangan  RSUD Pacitan rusak akibat gempa yang berpusat di Bantul/ist Ruangan RSUD Pacitan rusak akibat gempa yang berpusat di Bantul/ist

SURABAYA: Sebanyak 107 rumah dan fasilitas umum (fasum) di lima daerah wilayah Jawa Timur mengalami kerusakan akibat dampak gempa bumi berpusat di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jumat 30 Juni 2023.  

"Total semua ada 107 rumah dan fasum rusak, mulai rusak ringan, sedang hingga berat yang terdampak gempa DIY," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Gatot Seobroto, Sabtu, 1 Juli 2023.

Ratusan  rumah terdampak tersebut tersebar di lima daerah, yakni Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung, dan Blitar. Namun, terdampak terbanyak terjadi di Kabupaten Pacitan, yakni ada sembilan kecamatan terdampak, yaitu di Kecamatan Donorojo, Arjosari, Kebonagung, Pacitan, Tegalombo, Bandar, Pringuku, Ngadirojo, dan Tulakan.

"Total di lima daerah itu, rumah rusak ringan sebanyak 49 unit, 38 rusak sedang, lima rusak berat. Lalu 20 Fasum rusak ringan, dan tempat Usaha rusak sedang satu unit," ujarnya.

BACA: Gempa di Bantul Terasa Hingga Malang dan Surabaya

Gatot bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hingga saat ini terpantau bangunan dan fasum mengalami kerusakan dampak gempa Yogyakarta.

"Kami juga sudah menerjunkan petugas ke lapangan untuk bersih-bersih, distribusi logistik dan sembako, serta kesehatan. Kami juga menghimbau warga untuk tetap waspada," katanya

 


(TOM)

Berita Terkait