Satu Mahasiswa Unusa Lolos Program Pertukaran Pelajar ke Jepang

Naufal Ilham Saputra saat berpamitan dengan Rektor Unusa, Prof Jazidie (Foto / Hum) Naufal Ilham Saputra saat berpamitan dengan Rektor Unusa, Prof Jazidie (Foto / Hum)

SURABAYA : Satu mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Naufal Ilham Saputra, bakal terbang ke Jepang. Mahasiswa Program Studi D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) itu dinyatakan lolos Program Jenesys (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths).

Atas kesempatan itu, Naufal mengaku bersyukur. Dia berharap kedatangannya mampu memperluas wawasan tentang segala hal terkait Negeri Sakura tersebut. Program itu akan berlangsung 24-31 Januari 2023 secara offline di Tokyo, Jepang.

"Tahun lalu program ini masih berlangsung secara online lantaran pandemi covid-19," katanya, Senin 23 Januari 2023.  

Naufal mengatakan selain mempererat hubungan persahabatan antar negara, program pertukaran ini juga bertujuan untuk menambah wawasan teman-teman mengenai Jepang di berbagai bidang, seperti ekonomi, masyarakat, sejarah, budaya, politik, dan hubungan diplomasi.

baca juga : Derita Nenek Miskin Penderita Stroke di Sidoarjo Mengetuk Hati Advokat Muda

Pemuda yang pernah memperoleh Juara 3 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2022  ini juga mengaku sangat beruntung dapat lolos dalam program pertukaran mahasiswa internasional ini. Selain itu, dia juga bangga telah membawa nama Unusa di kancah internasional yang mempertemukan dirinya dengan mahasiswa dari berbagai negara di ASEAN.

"Tentunya ini menjadi pengalaman tersendiri. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membuka relasi dan jaringan dengan pemuda dan pelajar di Jepang," imbuhnya.

Naufal mengajak mahasiswa Unusa untuk selalu update tentang info student exchange dari berbagai sumber. Tidak lupa persiapkan diri dan selalu melatih kemampuan dalam Bahasa Inggris, seperti speaking dan writing.

"Terus belajar, berlatih dan temukan cara belajar yang nyaman, jangan lupa untuk terus berdoa agar diberi kemudahan," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait