Waspada Oksigen Palsu, Begini Cara Membedakannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

TULUNGAGUNG : Peredaran oksigen palsu di Tulungagung membuat resah. Apalagi tidak mudah membedakan antara oksigen asli atau palsu. Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Dinas Kesehatan Tulungagung, Masduki jika dilakukan secara mata telanjang akan sangat sulit membedakan.

"Caranya harus menggunakan alat pengukur saturasi oksigen," katanya.  

Selain itu, agar lebih aman pihaknya menyarankan agar masyarakat membeli oksigen medis dari agen resmi saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Sebaiknya belinya di agen resmi saja, lebih aman bagi masyarakat,”ucapnya.

Sementara itu, pembudidaya ikan koi, Alipin mengatakan, salah satu cara cepat yang bisa dilakukan untuk membedakan tabung berisi oksigen atau bukan adalah dengan merasakan suhu permukaan tabung. Suhu permukaan tabung berisi oksigen cenderung lebih dingin, dibandingkan dengan tabung berisi gas lain.

BACA JUGA : Oksigen Palsu, Dinkes Tulungagung : Kejahatan yang Membahayakan Nyawa

“Biasaya permukaan nya ini basah karena lebih dingin saat disentuh, kalau isinya udara biasa ya biasa saja, malah terasa hangat,”ungkapnya.

Begitu juga saat dirasakan ketika dibuka bagian kran pengatur dibuka, tabung berisi oksigen akan terasa lebih segar sedangkan tabung berisi udara biasa akan terasa biasa saja, tidak lebih segar.

“Kalau oksigen itu pas dibuka rasanya segar, kalau udara biasa ya ndak ada rasanya,” tandasnya.


(ADI)

Berita Terkait