Patung Kepala Budha Ditemukan di Situs Mellek Situbondo

Patung kepala budha berbahan tanah liat  setinggi 4,5 centimeter ditemukan di kawasan situs Mellek Desa/Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Patung kepala budha berbahan tanah liat setinggi 4,5 centimeter ditemukan di kawasan situs Mellek Desa/Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

SITUBONDO:  Patung kepala budha berbahan tanah liat  setinggi 4,5 centimeter ditemukan di kawasan situs Mellek Desa/Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Selain itu juga diteumkan  sejumlah artefak atau ODCB yang lain.

Irwan Kurniadi, Ketua Tim Cagar Budaya – Yayasan Museum Balumbung Situbondo (TCB-YMBS) mengatakan, timnya juga  fragmen tutup buyung berbahan tanah liat terdiri dari tiga  bagian. Cirinya berukir pada bagian leher dan berbentuk sulur pada sisinya. Saat disatukan, diketahui tingginya 21 centimeter.

BACA: Sapi Teperosok Septictank Berhasil Diselamatkan, Evakuasi 2 Jam Lebih

"Tim juga menemukan ODCB berbentuk satu batu bata berukuran panjang 29 centimeter, lebar 17 centimeter dan tebal 4 centimeter, dan dua batu batu berukuran 32 centimeter, lebar 17 centimeter, dengan tebal 5 centimeter. Bahkan, menemukan fragmen keramik yang jumlahnya tidak begitu signifikan berupa ekofak tulang-belulang, " ujarnya.

Saat ini, Artefak kuno ODCB yang ditemukan pada dua lokasi di kawasan Situs Mellek tersebut di simpan di museum Balumbung, Desa/Kecamatan Asembagus, Situbondo. Selain itu juga sudah melaporkan ke  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispensikbud) Pemkab Situbondo.

Irwan menjelaskan, dengan banyak artefak kuno yang ditemukan pada dua lokasi Situs Melleh. Hal tersebut membuktikan jika dua lokasi situs mellek merupakan pemukiman kuno.

“Karena pada dua desa itu menunjukkan karakteristik temuan arkeologis yang identik. Oleh karena itu, kami meminta tim registrasi ODCB Dispendikbud untuk segera turun ke kawasan situs mellek dan museum balumbung,” ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait