Sapi Teperosok Septictank Berhasil Diselamatkan, Evakuasi 2 Jam Lebih

Petugas dan warga mengevakuasi sapi yang terperosok dalam Septictank/ist Petugas dan warga mengevakuasi sapi yang terperosok dalam Septictank/ist

KEDIRI: Entah karena takut disembelih jelang Hari Raya Idul Adha, seekor sapi kabur dan terperosok ke dalam  lubang septictank milik warga, di Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Beruntung nyawa sapi ini berhasil diselamatkan oleh anggota regu 4 Damkar Kota Kediri. Tidak mudah bagi para petugas damkar untuk mengevakuasi sapi tersebut keluar dari lubang septictank di kedalaman 2-3 meter.

"Butuh waktu lebih dari dua jam untuk mengevakuasi sapi keluar dari lubang. Kita mengalami kendala karena posisi sapi dan peralatan," ujar Fani Eryanto,  Kepala UPT Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Satpol PP Kota Kediri.

Meski tidak mudah dan membutuhkan proses yang cukup lama, berkat ketalatenan petugas damkar, sapi itu akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat.

BACA: Besok, Warga Muhammadiyah Jatim Sholat Idul Adha di 1488 Titik, Lamongan Terbanyak!

"Kronologisnya sapi lepas dari jerat berlari menuju kebun. Lalu terperosok masuk lubang septictank. Kalau dilihat sapinya masih kecil, " ujarnya.

Kejadian ini bukan pertama kali dialami petugas Damkar Kediri. Pada 2020, mereka juga pernah  membantu mengevakuasi sapi yang terperosok.

"Ini yang kedua kalinya, kita juga pernah menangani hal serupa. Waktu itu lokasinya di tempat pemotongan, sapi terperosok di kolam limbah," kenangnya.

 


(TOM)