Besok, Warga Muhammadiyah Jatim Sholat Idul Adha di 1488 Titik, Lamongan Terbanyak!

Pengurus PW Muhammadiyah Jatim menunjukkan titik salat Iduladha di Jatim. (Dok: Humas PW Muhammadiyah Jatim) Pengurus PW Muhammadiyah Jatim menunjukkan titik salat Iduladha di Jatim. (Dok: Humas PW Muhammadiyah Jatim)

SURABAYA: Muhammadiyah menyiapkan 1.488 titik lokasi untuk salat Iduladha yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Warga Muhamamdiyah  akan melaksanakan salat Iduladha satu hari lebih awal dari pemerintah, yakni pada Rabu beso, 28 Juni 2023.

"Dari 38 kabupaten/kota Jatim, titik terbanyak di Lamongan 250 titik, 120 titik di Sidoarjo dan 105 titik di Surabaya," kata Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Syamsudin, di Surabaya, Senin, 26 Juni 2023.

Sedangkan daerah paling sedikit, yakni di kepulauan Madura. Karena masing-masing kabupaten tidak lebih dari 20 titik.

"Kabupaten Bangkalan 10 titik, Sampang enam lokasi, paling sedikit kota Batu tiga lokasi, kalau Malang Raya 90 an titik," katanya.

BACA: Long Weekend Iduladha, Kereta Api Jarak Jauh Ditambah

Tak hanya fokus pada pelaksanaan salat Iduladha saja, Syamsudin mengatakan,  PW Muhammadiyah Jatim juga sudah menyiapkan pembagian daging kurban. Di mana daging kurban akan didistribusikan dengan cara berbeda untuk daerah-daerah yang terpencil.

"Daging tersebut akan dikemas dalam bentuk makanan kaleng. RendangMu, SotoMu, ini yang akan dibagi ke daerah 3T. Sehingga tidak harus dimanfaatkan saat hari tasyrik, jadi tidak harus dihabiskan (dikalengisasi)," ucap Syamsudin.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Namun Muhammadiyah menetapkan lebih awal dari pemerintah.

Keputusan Muhammadiyah itu sesuai dengan hasil perhitungan melalui metode hisab hakiki wujudul hilal, yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

 


(TOM)

Berita Terkait