Sony dan Honda Kolaborasi Bangun Mobil Listrik Canggih

Penampakan mobil canggih hasil kolaborasi Sony dan Honda (Foto / Istimewa) Penampakan mobil canggih hasil kolaborasi Sony dan Honda (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Dua raksasa teknologi Jepang, Sony dan Honda mengumumkan rencana membangun mobil listrik canggih. Di mana Honda akan fokus pada manufaktur, sementara Sony menciptakan platform. Sony dan Honda mengatakan mereka berencana menjadikannya sebagai bisnis terpisah. Presiden dan CEO Sony Kenichiro Yoshida menyebutkan perusahaan akan membuat usaha patungan independen.

"Kami berbagi pandangan lebih baik membuat usaha patungan menjadi independen dalam jangka panjang, daripada meletakkannya di bawah Sony atau Honda," ujar Yoshida, dilansir dari The Verge, Rabu 8 Juni 2022.

Namun, Yoshida tidak memberikan rincian lebih lanjut. Dia mengungkapkan kemungkinan perusahaan dapat menjual saham dalam usaha patungan atau melakukan penawaran umum perdana. "Saya berharap dapat berbicara sedikit tentang itu beberapa titik dalam waktu dekat," katanya.

Sony menambahkan ingin menciptakan sistem mobilitas yang berfokus pada keselamatan, hiburan dan kemampuan beradaptasi. Tahun lalu, Honda mengumumkan rencana mengalihkan seluruh jajaran kendaraannya ke kendaraan listrik pada 2040. Sebagai bagian dari itu, Honda akan menginvestasikan 40 miliar dolar AS dan meluncurkan 30 kendaraan listrik baru pada 2030.

Baca juga : Toyota Bakal Rilis Fortuner Hybrid, Intip Spesifikasinya

Belum jelas bagaimana Sony akan memulai. Mereka tampaknya percaya perusahaan teknologi lain, seperti Apple akan segera terjun ke medan pertempuran, dan kendaraan listrik akan menjadi barang yang panas dalam beberapa waktu ke depan.


(ADI)

Berita Terkait