Billy Handiwiyanto Serukan Penegakan Hukum Berkeadilan Lewat Lagu

Advokat Billy Handiwiyanto pencipta lagu Justitia (Foto / Istimewa) Advokat Billy Handiwiyanto pencipta lagu Justitia (Foto / Istimewa)
SURABAYA : Mirisnya penegakan hukum yang tidak berkeadilan membuat Advokat Billy Handiwiyanto buka suara. Bukan dengan upaya hukum, Billy menyentil penegakan hukum yang tidak berkeadilan itu melalui lirik lagu. Berkolaborasi dengan musisi Mch Nine feat Allen, Billy mencoba menyuarakan keadilan melalui debut single lagu 'Justitia'.

Menurutnya, saat ini banyak masyarakat yang belum atau tidak mendapatkan hak hukum sebagaimana mestinya. Kondisi itu dikatakan Billy makin parah dengan adanya oknum-oknum penegak hukum yang terpapar kemerosotan moral. Mereka dengan gampangnya tergoda dan terseret dalam praktek jual beli hukum.

"Melalui single 'Justitia', kami menyerukan imbauan moral dan mengobarkan semangat untuk menyalakan api kebenaran demi Indonesia yang lebih baik," kata Billy.

Baca Juga : PWI Gresik dan Dinkes Gelar Vaksinasi Booster untuk Lansia

Billy mengatakan sesuai dengan slogan 'Justitia Ruat Caelum' berarti 'tegakkan hukum walau langit runtuh'. Hal itulah yang membuat Billy harus membuat gebrakan baru. Sebab slogan tersebut haruslah tetap dipegang teguh oleh para catur wangsa penegak hukum. Sebab, meski oknum tersebut sudah dihukum berat, namun hal itu sama sekali tidak menyurutkan nyali dari mereka hingga kondisi kemerosotan moral (hazard) semakin memprihatinkan.

"Kondisi moral hazard inilah yang menjadi perhatian para advokat muda agar para catur wangsa penegak hukum (hakim, jaksa, polisi dan advokat) tetap berpegang teguh menegakkan hukum dan rasa keadilan dalam masyarakat," tandasnya.

Ditambahkan Billy, tekad membuat dunia penegakan ini berkeadilan tertuang dalam lirik lagu 'Justitia'. Yaitu "Kami petarung bukan ayam sayur, layar terkembang pantang bersurut, kami petarung tuk tegakkan hukum. Walau langit runtuh, justitia ruat caelum. Singsingkan lengan bajumu, genggam nurani di dadamu, nyalakan api kebenaran Tuk Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait