Ingin Maju Jadi Cabup Jember Jalur Perseorangan? Segini Minimal Dukungannya

Anggota KPU Jember Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Achmad Susanto. (ANTARA/Zumrotun Solichah) Anggota KPU Jember Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Achmad Susanto. (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Jember: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Achmad Susanto, mengatakan jumlah dukungan calon perseorangan untuk calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Jember adalah 128.195 orang.

"Kami membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk calon perseorangan dalam Pilkada Jember," ucap Susanto dikutip dari Antara, Senin, 6 Mei 2024.

Sesuai tahapan, 5 hingga 7 Mei 2024 adalah masa pengumuman penyerahan dukungan pasangan bakal calon kepala daerah untuk jalur perseorangan dalam Pilkada Serentak 2024.

"Setelah itu pada 8 hingga 12 Mei 2024 adalah masa penyerahan dukungan tersebut kepada KPU Jember yakni minimal 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Jember sebanyak 1.972.216 orang," jelasnya.

Susanto juga menjelaskan, dukungan yang diberikan kepada calon kepala daerah di Jember paling sedikit hanya sebanyak 128.195 orang yang tersebar di 10 kecamatan dari total 31 kecamatan di Jember.

Menurut dia, bukti dukungan calon dari jalur perseorangan itu tidak hanya fotokopi KTP saja, tetapi juga dengan mengisi formulir dukungan yang ditandatangani oleh orang yang memberikan dukungan.

"Setelah itu, kami akan melakukan verifikasi administrasi dan juga verifikasi faktual langsung ke lapangan terkait dukungan masyarakat yang diberikan kepada calon bupati dan wakil bupati yang maju melalui jalur perseorangan," tuturnya.

Adapun beberapa perwakilan masyarakat yang berkonsultasi ke KPU Jember soal persyaratan calon bupati dan wakil bupati melalui jalur perseorangan untuk maju dalam Pilkada Jember 2024. Akan tetapi, dia juga mengatakan mereka belum menyampaikan siapa yang akan maju.

Sebelumnya, Muhammad Jaddin Wajad atau dipanggil Gus Jaddin, disebut-sebut akan maju menjadi calon bupati melalui jalur perseorangan dalam Pilkada Jember. Pihak yang bersangkutan pun telah mulai menggalang KTP untuk maju jalur independen beberapa waktu yang lalu.


(SUR)

Berita Terkait