Buka Wawasan, Wartawan KOMPAK Gelar Raker di Negeri Jiran

Kompak menggelar di Malaysia/ist Kompak menggelar di Malaysia/ist

SURABAYA: Gebrakan kembali dibuat Komunitas Meida  Pengadilan-Kejaksaan (KOMPAK) dengan menggelar Rapat Kerja (Raker)  tahunan di Hotel Face, Kuala Lumpur, Malaysia, 1-3 Juni 2023.

Ketua Umum KOMPAK, Budi Mulyono SH mengatakan, selain agenda Raker bertema "Membangun Jurnalis Hukum yang Berintegritas, KOMPAK juga merayakan hari jadinya yang ke-7 pada 2023 ini.

"Tujuannya jelas, kami ingin KOMPAK ini bisa selalu eksis dengan menjalankan program-program kerjanya, sesuai dengan hasil rapat kerja tahunan yang disetujui oleh seluruh anggota," tutur Budi, Minggu (4/6/2023).

Budi menegaskan, dengan tidak mengesampingkan tugas pokok para anggotanya yang melakukan peliputan di pengadilan dan kejaksaan, program soial kemanusiaan turut pula dimasukkan.

BACA: Gelar Raker, MHH Muhammadiyah Bertekad Wujudkan Masyarakat yang Berkeadilan

"Semua anggota kami merupakan jurnalis yang meliput berita di pengadilan dan kejaksaan. Di dalam program kerja kita, juga disisipkan program kemanusiaan. Ini bertujuan agar KOMPAK menjadi salah satu komunitas wartawan yang peduli dengan masyarakat dan lingkungan," tegasnya.

Lebih lanjut Budi menyampaikan, KOMPAK juga diharapkan menjadi pelopor bagi Kelompok Kerja (Pokja) di instansi lainnya.

"Kami berharap program kerja yang akan kita laksanakan ini bisa menjadi percontohan bagi Pokja lainnya. Sekaligus juga menghilangkan stigma negatif di masyarakat. Kita tunjukkan bahwa profesi jurnalis juga bisa berempati kepada masyarakat," tandasnya.

Sementara Ketua Panita Raker dan Anniversarry ke-7 KOMPAK, Jaka Sentanu menambahkan, selain membahas program kerja, dipilihnya Malaysia juga bertujuan untuk membuka wawasan dengan melihat langsung kondisi displin hukum di Malaysia.

"Kita bisa belajar sekaligus membuka wawasan tentang displinnya masyarakat Malaysia di jalan, tertibnya lalu lintas, tidak ada yang merokok di tempat sembarangan, toleransi beragama dan lain sebagainya. Sesuai dengan tema kita, ingin membangun jurnalis hukum yang berintegritas, " tandasnya.

 


(TOM)