Waspadai Banjir Rob di Surabaya Tanggal 11-14 Agustus 2022

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Warga di kawasan pesisir Surabaya diimbau mewaspadai fenomena pasang maksimum air laut akibat pasang purnama yang mengakibatkan banjir rob. Banjir rob diprediksi terjadi pada tanggal 11-14 Agustus 2022 besok. Ketinggian banjir rob diperkirakan mencapai 130-140 cm dari rata-rata muka laut.

Sejumlah titik yang diprediksi terdampak antara lain kawasan pelabuhan Surabaya, pesisir Kalianget termasuk Pamekasan, kemudian di pesisir Surabaya Timur. “Pesisir Surabaya Timur termasuk Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Jember, Kenjeran, Bangkalan Selatan, Kuanyar, Sukolilo, Sampang, dan Sepanjang pesisir Selat Madura,” jelas Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya Ady Hermanto, Rabu 10 Agustus 2022.

Pasang maksimum air laut di kawasan pesisir ini, kata dia, disebabkan oleh adanya full moon/spring tide (bulan purnama).“Fase bulan purnama mempengaruhi kondisi asanh surut di bulan Agustus 2022 yang berpotensi menyebabkan banjir rob dengan ketinggian genangan 10-30 cm di sekitar pelabuhan dan pesisir wilayah prakiraan,” terangnya.

Baca juga : Sehari Menghilang, Pria Tulungrejo Malang Ditemukan Gantung Diri

“Kondisi pasang lebih ekstrim dapat terjadi bilamana terjadi hujan sedang hingga lebat pada saat banjir rob. Masyarakat diimbau agar senantiasa waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum,” lanjutnya.

Sebagai informasi, fenomena pasang maksimum air laut ini diperkirakan akan berlangsung dalam rentang waktu sekitar pukul 09.00 – 14.00 WIB


(ADI)

Berita Terkait