Dicatut untuk Cari Sumbangan, Penyandang Disabilitas Surabaya Lapor Polisi

Sejumlah dissabilitas melaporkan dugaan pencatutan nama untuk mencari sumbangan (Foto / Istimewa) Sejumlah dissabilitas melaporkan dugaan pencatutan nama untuk mencari sumbangan (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Puluhan penyandang disabilitas mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Surabaya, Kamis 2 November 2021. Mereka melaporkan sebuah organisasi Forum Komunikasi Disabilitas Indonesia (Forkadi) dengan dugaan pemalsuaan data dan pencatutan nama penyandang disabilitas. Data ini untuk mendapatkan sumbangan yang akan diajukan berbagai instansi.

Dengan mengenakan kursi roda dan ada pula yang menggunakan tongkat, mereka melewati jalan khusus penyandang difabel di depan SPKT. Kuasa hukum para korban, Hari Kurniawan menyebut ada sekitar sepuluh orang yang mulai berani membuka tabir pecatutan nama dan pemalsuaan data penerima manfaat yang selama ini kerap terjadi di lingkungan organisasi atau komunitas disabilitas.

"Ini adalah bentuk keberanian dari teman-teman penyandang disabilitas yang merasa dirugikan karena namanya tercatut dalam penerima manfaat. Namun tidak ada sama sekali manfaat yang selama ini turun ke mereka atau nama-nama yang disebut," ujar Hari kepada wartawan, Kamis 2 November 2021.

Baca Juga : Ratusan Orang di Surabaya Demo Tolak Reuni 212

Hari juga memastikan laporan tersebut bakal berbuah efek jera terhadap para pelaku yang masih melakukan praktik pemalsuan data atau pencatutan nama untuk meminta sumbangan.

"Harapan kami laporan ini diterima, bisa menjadi efek jera bagi siapa yang berbuat. Selain itu juga laporan ini bisa diproses hukum agar menjadi pembelajaran buat kedepannya," imbuh Hari.


(ADI)

Berita Terkait