Galau Soal Jodoh, Coba Baca Doa dan Ayat-ayat Al-Quran Ini

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS: Jodoh, bagi umat Islam adalah takdir. Urusannya berada di tangan Allah SWT. Namun, tak sedikit yang masih galau. Siapa jodohku? Kapan waktunya? Hingga akhirnya muncul istilah anak muda sekarang, jomblo abadi, bujang lapuk, jomblo akut dan lain sebagainya.

Nah, tidak ada salahnya kita tahu doa mendapatkan jodoh. Sebab selain berusaha, manusia juga dianjurkan untuk senantiasa berdoa memohon kepada Allah, termasuk  mendapatkan jodoh.

Tentang jodoh manusia, Allah telah mengaturnya sedemikian rupa. Berikut ayat Al-Quran tentang jodoh  yang dirangkum dari oase.id:

1. Jodoh telah diatur oleh Allah

Surat Ar-Rum Ayat 21 merupakan salah satu ayat yang menjelaskan tentang jodoh manusia. Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah telah mengatur jodoh bagi setiap manusia. Tujuannya tidak lain untuk mewujudkan ketenteraman dan ketenangan dalam hidup.

"Di antara tanda-tanda kebesaran Allah dia telah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kalian cenderung serta merasa tenteram kepadanya. Allah menjadikan di antara kalian rasa kasih sayang. Sungguh dalam hal ini, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang mau berpikir. (QS. Ar-Rum: 21)

2. Setiap manusia memiliki jaminan atas jodohnya

Setiap manusia sebaiknya tidak perlu mengkhawatirkan atas jodohnya. Pasalnya, jodoh manusia telah dijamin oleh Allah. Bahwasanya, Allah menjamin menciptakan segala sesuatu beserta pasangannya. Hal ini berdasarkan isi surat Az-Zariyat ayat 49, yang artinya:

"Dan dari segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan agar kalian mengingat kebesaran Allah."

3. Jodoh adalah cerminan diri

Ayat selanjutnya tentang jodoh terdapat dalam surat An-Nur ayat 26. Dalam ayat ini disebutkan bahwa jodoh merupakan cerminan diri. Jadi, bila kita sebagai manusia mengharapkan jodoh yang baik dan beriman, maka sebaiknya perbaikilah diri terlebih dahulu agar mendapatkan jodoh yang sesuai dengan harapan kita.

Adapun arti dari surat An-Nur ayat 26 itu adalah,

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula.”

4. Berbeda untuk saling mengenal

Manusia yang satu dengan lainnya derajatnya sama. Yang membedakan hanyalah derajat ketakwaannya. Bukan suatu masalah mengenai perbedaan suku dan bangsa. Dengan perbedaan tersebut, Allah justru memerintahkan kita untuk saling mengenal satu sama lain.

Sebagaimana yang tertuang dalam QS. Al-Hujurat ayat 13, yang artinya:

“Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.”

5. Ayat Al Quran untuk minta jodoh

Allah telah mengatur jodoh manusia, maka berusahalah dan berdoa kepada-Nya agar segera dipertemukan. Dalam QS. Al-furqan ayat 74 berikut ini sekaligus menjadi doa memohon jodoh kepada Allah SWT.
 

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”
 

 


(TOM)

Berita Terkait